Note

KAI Salurkan Rp25,5 Miliar untuk Lingkungan Sepanjang 2022

· Views 33

Jakarta, IDN Times – PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) telah menyalurkan dana dengan total Rp25,5 miliar sebagai bentuk program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan sepanjang 2022.

Program TJSL yang dilakukan KAI disalurkan dalam bentuk Bina Lingkungan, Program Kemitraan dan Community Relations dengan total bantuan meningkat 34 persen pada 2022 dibanding 2021 sebesar Rp19 miliar.

“KAI konsisten menyalurkan TJSL sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan yang terus melaksanakan good corporate governance. Bakti BUMN atau TJSL yang KAI salurkan tetap memperhatikan dampak positif dan keberlanjutan,” ujar Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo, dikutip dari keterangan tertulisnya

Baca Juga: Begini Cara KAI dan KAI Commuter Ajak Masyarakat Cintai Kereta Api

1. Menyalurkan Rp9,6 miliar untuk program Bina Lingkungan

KAI Salurkan Rp25,5 Miliar untuk Lingkungan Sepanjang 2022Dampak gempa mag 5.6 di Cianjur pada Senin (21/11/2022). (twitter.com/BNPB_Indonesia)

Selama 2022, KAI telah menyalurkan dana sebanyak Rp9,6 miliar untuk 246 kegiatan bantuan yang meliputi pendidikan, pelestarian alam, pembangunan sarana ibadah, pengembangan sarana umum, serta bantuan sosial kemasyarakatan dan bantuan korban bencana alam dan non alam.

Seperti saat terjadinya gempa yang mengguncang Kabupaten Cianjur pada November 2022, KAI memberikan bantuan berupa Rail Clinic, ambulans serta relawan untuk memberikan pelayanan kesehatan korban gempa. Ditambah, KAI juga memberikan bantuan berupa sembako, popok, selimut, obat-obatan serta barang kebutuhan korban lainnya.

Sebelum itu, KAI pun turut memberikan bantuan kepada korban gempa yang terjadi di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera barat dengan bantuan berupa total Rp100 juta yang berupa bantuan logistik sembako, perlengkapan masak, sabun mandi dan popok. Selain kedua peristiwa tersebut KAI juga turut memberikan bantuan untuk korban bencana alam dan non alam lainnya.

“KAI sebagai BUMN senantiasa siaga dan siap melakukan tanggap darurat dalam sejumlah bencana alam yang terjadi di berbagai wilayah, khususnya di wilayah kerja KAI. Program KAI Peduli yang merupakan TJSL perusahaan, KAI jalankan untuk menunjukkan kehadiran langsung KAI di masyarakat,” ungkap Didiek.

Baca Juga: KAI Luncurkan Kereta Panoramic, Segini Harga Tiket Promonya

2. Membantu pengembangan 774 UMK binaan selama 2022

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • 25 Website Penghasil Uang yang Aman dan Terpercaya, Cobain!
  • Apa itu Galbay Pinjol? Kenali Pengertian dan Risikonya
  • 10 Anak Muda Terkaya Dunia di 2022, Ada yang Masih 19 Tahun lho!

Dalam rangka membantu pengembangan Usaha Mikro dan Kecil (UMK), KAI telah menyalurkan dana sebesar Rp7 miliar. KAI juga membina 774 mitra binaan KAI aktif di 2022 pada program Pendaan Usaha Mikro dan Usaha kecil dengan total penyaluran sebesar Rp21 miliar.

UMK binaan tersebut meliputi sektor industri, jasa, perdagangan, perikanan, pertanian, peternakan dan berbagai sektor lainnya. Selain pembiayaan modal, KAI turut melakukan pembinaan dan pelatihan kepada UMK dengan mengundang pakar-pakar ahli dibidangnya. Pelatihan  tersebut meliputi proses produksi, pengemasan, pemasaran dan sebagainya.

Sebagai upaya pengembangan pasar mitra binaan, KAI meresmikan Teras UMK di Stasiun Bandung yang merupakan sebuah outlet sebagai media mitra binaan menampilkan sekaligus mempromosikan produk mereka.

"KAI terus berkontribusi untuk UMK Indonesia sehingga dapat terus maju, berkembang, dan bersaing di dunia industri nasional. KAI sangat mendukung keberlangsungan UMK melalui dana kemitraan dan mendorong agar UMK binaan KAI naik kelas,” ujar Didiek.

3. Mengajak komunitas pecinta kereta api pada program Community Ralations

KAI Salurkan Rp25,5 Miliar untuk Lingkungan Sepanjang 2022ANTARA FOTO/Budi Candra Setya

Pada program Community Relations, KAI memberikan bantuan dalam sosialisasi keamanan selama perjalanan menggunakan kereta api. "Sosialisasi keselamatan di perlintasan sebidang rutin kami lakukan agar para pengguna jalan raya mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan mendahulukan perjalanan kereta api pada perlintasan sebidang," kata Didiek. 

KAI juga mendorong program antipelecehan dan kekerasan terhadap wanita. Sosialisasi tersebut dilakukan sebanyak 162 kali dengan mengajak beberapa komunitas pecinta kereta api. "KAI juga menggandeng para komunitas untuk mensosialisasikan agar pelanggan kereta api menjaga ketertiban dengan tidak melakukan pelecehan saat dalam perjalanan," ujarnya.

Selain sosialisasi, KAI turut memberikan bantuan sarana lain berupa sarana olahraga, ibadah dan fasilitas belajar diberbagai lokasi yang berada di dekat jalur kereta api.

“Harapannya seluruh bantuan TJSL di tahun 2022 ini dapat memberikan kemanfaatan bagi masyarakat luas. Ke depan kami akan terus melanjutkan program TJSL KAI dan berkomitmen memberikan bantuan yang bermanfaat pada pertumbuhan ekonomi, sosial, lingkungan, hukum dan tata kelola dengan prinsip yang lebih terintegrasi, terarah, serta terukur,” papar Didiek.

Pada 2022, KAI mendapat penghargaan di bidang Corporate Sosial Responbility (CSR) karena dedikasinya kepada lingkungan disekitar ruang lingkup KAI, antara lain  Gold Champion kategori BUMN pada ajang Bisnis Indonesia Award 2022, ICSB Presidential Award 2022 pada gelaran Jakarta Marketing Week 2022 dan beberapa penghargaan lainnya.

Baca Artikel Selengkapnya

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.