Note

IHSG Diprediksi Melemah Tipis, Ini Deretan Saham Pilihan Analis Hari Ini

· Views 40
IHSG Diprediksi Melemah Tipis, Ini Deretan Saham Pilihan Analis Hari Ini
IHSG Diprediksi Melemah Tipis, Ini Deretan Saham Pilihan Analis Hari Ini (foto: MNC Media)

IDXChannel - Tren penguatan terbatas yang dialami oleh Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dalam beberapa waktu terakhir membuat pelaku pasar meyakini bakal adanya koreksi wajar yang akan terjadi. 

Meski demikian, sejumlah saham diperkirakan masih memiliki prospek yang cukup menjanjikan, sehingga perlu dicermati di tengah kondisi pasar yang bakal terkoreksi wajar.

Baca Juga:
Cermati Saham Pilihan: BBRI, BBCA, Hingga AKRA

"Pergerakan IHSG saat ini terlihat sedang melalui fase terkoreksi wajar, namun potensi kenaikan terbatas juga masih memungkinkan untuk terjadi menjelang akhir tahun," ujar CEO PT Yugen Bertumbuh Sekuritas, William Surya Wijaya, dalam risetnya, Rabu (28/12/2022).

Sementara itu, menurut William, fundamental perekonomian Indonesia juga turut menjadi penopang bagi pergerakan IHSG saat ini. Hal ini terlihat dari data perekonomian yang telah dilansir beberapa waktu lalu.

Baca Juga:
Cermati Saham Pilihan: BRIS, EXCL, Hingga TPMA

Selain itu, William menjelaskan, masih tercatatnya capital inflow secara ytd juga masih menunjukkan kepercayaan investor asing terhadap pasar modal Indonesia.

Sebelumnya, IHSG berada di zona merah pada sesi terakhir perdagangan, Rabu (28/12/2022). Sempat dibuka menguat, namun IHSG ditutup melemah 72,50 poin atau 1,05 persen ke level 6.850,520.

Baca Juga:
IHSG Diyakini Menguat, Ini Deretan Saham Pilihan Analis Hari Ini

Pada penutupan perdagangan, terdapat 162 saham menguat, 364 saham melemah dan 181 saham stagnan. Transaksi perdagangan mencapai Rp 8,7 triliun dari 19,7 miliar saham yang diperdagangkan.

Indeks LQ45 melemah 0,71 persen ke 933,689, indeks JII melemah 0,88 persen ke 587,172, indeks IDX30 turun 0,57 persen ke 486,465 dan indeks MNC36 melemah 0,49 persen ke 352,337.

Indeks sektoral mayoritas melemah yakni energi 2,05 persen, bahan baku 0,74 persen, industri 1,09 persen, non siklikal 1,18 persen, siklikal 0,39 persen, kesehatan 0,85 persen, keuangan 0,45 persen, teknologi 1,24 persen, infrastruktur 0,38 persen, transportasi 0,49 persen. Satu-satunya sektor yang menguat hanya properti sebesar 0,29 persen.

Di tengah tren tekanan ini, William menilai masih ada sebagian saham yang memiliki prospek bagus dan layak untuk dicermati. Deretan saham tersebut meliputi BBCA, AKRA, ICBP dan SMGR. Selain itu ada lagi BMRI, JSMR, BSDE dan TBIG. (TSA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.