Note

Dipastikan Tak Naik, Ini Besaran Tarif KRL yang Masih Berlaku!

· Views 24

Jakarta, IDN Times - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan KAI Commuter memastikan tarif kereta rel listrik (KRL) Jabodetabek tidak naik.

Tarif KRL Jabodetabek yang berlaku saat ini Rp3.000 untuk 25 km pertama, dan ditambahkan Rp1.000 untuk perjalanan setiap 10 kilometer berikutnya.

Besaran tarif tersebut diatur dalam Keputusan Menteri Perhubungan RI Nomor 354 Tahun 2020 tentang Tarif Angkutan Orang Dengan Kereta Api Pelayanan Kelas Ekonomi Untuk Melaksanakan Kewajiban Pelayanan Publik (Public Service Obligation/ PSO).

Baca Juga: Ada Skema Baru, Menhub Pastikan Tarif KRL Tak Naik di 2023

1. Tarif KRL sudah berlaku lebih dari 5 tahun

Dipastikan Tak Naik, Ini Besaran Tarif KRL yang Masih Berlaku!Ilustrasi Kegiatan di dalam Stasiun KRL (Dok. KRL)

Corporate Secretary KAI Commuter, tarif tersebut sudah berlaku selama lebih dari lima tahun.

"Besaran tarif tersebut telah berjalan lebih dari lima tahun terakhir sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan nomor 35 tahun 2016," kata Anne dalam keterangan resmi, Kamis (29/12/2022).

Baca Juga: Jokowi Naik KRL Ditemani Luhut dari Stasiun Tanah Abang ke Manggarai

2. Penyesuaian tarif masih dibahas

Dipastikan Tak Naik, Ini Besaran Tarif KRL yang Masih Berlaku!Ilustrasi KRL (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Menurut Anne, untuk wacana kenaikan tarif KRL Jabodetabek masih dibahas dengan Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Pehubungan (Kemenhub). Adapun perubahan skema tarif juga masih dibahas dengan Kemenhub.

"Saat ini, KAI Commuter masih terus fokus dalam pelayanan meningkatkan pelayanan bagi penggunanya," ucap Anne.

Baca Juga: Kemenhub Pastikan Belum Ada Rencana Kenaikan Tarif KRL 

3. Bakal ada perubahan skema tiket KRL Jabodetabek

Dipastikan Tak Naik, Ini Besaran Tarif KRL yang Masih Berlaku!Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi (IDN Times/Ridwan Aji Pitoko)

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi memastikan tarif KRL Jabodetabek tak naik. Namun, pihaknya bersama dengan pemangku kepentingan terkait tengah menyiapkan skema pembayaran baru untuk menaiki KRL Jabodetabek.

Skema tersebut adalah dengan memisahkan penumpang yang mampu dan kurang mampu menggunakan tiket kartu. Namun, sampai saat ini masih belum ada kejelasan bagaimana skema tersebut akan diterapkan.

"Kalau KRL nggak naik. Insyaallah 2023 tidak naik. Tapi, nanti pakai kartu. Yang kemampuan finansialnya tinggi harus bayar lain. Average, sampai 2023 enggak naik," ucap Budi Karya kepada media di Gedung Kemenhub, Selasa (27/12/2022).

Baca Artikel Selengkapnya

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.