Note

3 Akuisisi dan Merger Perusahaan Teknologi Indonesia 2022, Apa Saja?

· Views 37
3 Akuisisi dan Merger Perusahaan Teknologi Indonesia 2022, Apa Saja?
3 Akuisisi dan Merger Perusahaan Teknologi Indonesia 2022, Apa Saja? (Foto: MNC Media)

IDXChannel – Ada sejumlah akuisisi dan merger perusahaan teknologi Indonesia yang terjadi sepanjang tahun 2022. 

Aksi korporasi berupa akuisisi (pembelian) dan merger (penggabungan) memang marak dilakukan sepanjang tahun ini. Tren ini pun diperkirakan masih akan berlanjut meski resesi ekonomi global sedang mengancam. 

Baca Juga:
Mengenal Definisi dan Contoh Akuisisi Dalam Investasi

Melihat kilas balik sepanjang 2022, berikut IDXChannel mengulas beberapa deretan akuisisi dan merger perusahaan teknologi Indonesia tahun ini. 

Deretan Aksi Akuisisi dan Merger Perusahaan Teknologi Indonesia

Beberapa perusahaan teknologi di Tanah Air yang tercatat melakukan aksi akuisisi dan merger sepanjang 2022 antara lain sebagai berikut.

Baca Juga:
6 Daftar Perusahaan Terkenal yang Melakukan Akuisisi dan Merger

1. PT XL Axiata Akuisisi PT Link Net

Salah satu perusahaan yang melakukan akuisisi tahun ini adalah PT XL Axiata yang mengakuisisi PT Link Net. Pada Juni 2022, Axiata Group Berhad dan XL Axiata menyelesaikan proses akuisisi saham Link Net (LINK) sebesar 66,03% dengan nilai mencapai RM2,63 miliar atau sekitar Rp8,72 triliun. Proses akuisisi ini menjadi bagian dari upaya XL dalam memperluas penyediaan layanan digital dan konvergensi untuk masyarakat. 

2. Indosat Ooredoo Merger dengan Hutchison Tri

Aksi merger juga dilakukan oleh dua operator telekomunikasi di Indonesia yakni Indosat Ooredoo dengan Hutchison Tri (3). Kedua perusahaan telekomunikasi tersebut sudah mengumumkan kesepakatan merger sejak September 2021 dan secara resmi melakukan merger atau penggabungan per 4 Januari 2022 setelah melewati serangkaian proses yang cukup panjang. Setelah merger, Indosat sebagai Perusahaan Penerima Penggabungan Usaha pun memiliki kewajiban untuk memenuhi beberapa poin komitmennya yang harus dicapai hingga empat tahun ke depan atau sampai tahun 2025. 

3. Tiket.com Merger dengan BliBli 

Aksi korporasi juga dilakukan oleh perusahaan penyedia layanan pemesanan tiket, Tiket.com yang bergabung dengan Marketplace BliBli (PT Global Digital Niaga). Aksi merger dua perusahaan ini dilakukan pada Oktober 2022. Selain dua perusahaan tersebut, supermarket Ranch Market pun turut bergabung dalam entitas gabungan BliBli Tiket. Hingga pada awal November 2022, perusahaan gabungan ini akhirnya tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan ticker “BELI” setelah melakukan Initial Public Offering (IPO). 

Itulah beberapa aksi akuisisi dan merger perusahaan teknologi Indonesia yang dilakukan sepanjang 2022.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.