Note

Pemerintah Optimis Pembangunan Stasiun Manggarai Mampu Kurangi Kerugian Akibat Macet di Jakarta yang Mencapai Rp 65 Triliun

· Views 21

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa menjelaskan, pembangunan transportasi masal telah tertuang dalam Major Project Sistem Angkutan Umum di enam wilayah metropolitan.

Keenamnya meliputi Jakarta, Bandung, Medan, Surabaya, Semarang dan Makassar. Dengan diresmikannya Stasiun Manggarai Tahap 1 tersebut, diharapkan mampu mengurangi kerugian akibat dari kemacetan yang kerap terjadi di Jakarta.

"Major Poject tersebut ditetapkan salah satunya bertujuan untuk mengurangi dampak ekonomi yang ditimbulkan dari kemacetan. Diketahui, dampak ekonomi yang ditimbulkan akibat kemacetan di Jakarta sebesar Rp 65 triliun per tahun," kata dia dikutip dari keterangan Instagramnya, Selasa (27/12/2022).

Baca juga: Jokowi Resmikan Pengembangan Stasiun Manggarai Tahap I, Harap Mobilitas Masyarakat Makin Lancar

Kemudian Suharso menyebutkan, di lima wilayah metropolitan lainnya, kerugian ditaksir mencapai Rp 12 triliun. Di samping itu, pembangunan angkutan umum juga bertujuan untuk mengurangi dampak lingkungan, karena menurutnya tingkat emisi kendaraan di wilayah metropolitan sangatlah tinggi.

Stasiun Manggarai merupakan stasiun sentral kereta api di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). Pembangunan Stasiun Manggarai ditargetkan dapat memisahkan antara kereta api jarak jauh dengan Kereta Api Commuter Line serta meningkatkan kapasitas sejumlah stasiun.

Pembangunan Stasiun Manggarai juga diharapkan dapat meningkatkan waktu perjalanan dari 7 menit menjadi 3 menit, meningkatkan jumlah penumpang menjadi 2 juta per hari dan meningkatkan jumlah KRL dari 400 menjadi 800 per hari.

Berdasarkan rencana awal, pembangunan di Stasiun Manggarai ditargetkan untuk dikerjakan dalam tiga tahapan. Tahap pertama adalah pembangunan Stasiun Manggarai sisi barat yang dikhususkan untuk kereta api bandara dan KRL Bogor Line.

Pembangunan berupa dua jalur kereta api bandara, dua jalur Commuter Line dan 4 jalur elevated Bogor Line serta fasilitas intergrasi berupa skybridge. Pembangunan tahap ini telah selesai pada tahun 2021.

Baca juga: Area Transit Penumpang di Stasiun Manggarai Akan Diperluas

Pembangunan tahap kedua yakni pembangunan Stasiun Manggarai sisi Timur untuk KRL. Tahap ini akan dibangun untuk KRL Commuter Line at grade beserta concourse lantai 2. Pembangunan tahap kedua ini ditargetkan selesai pada 2023.

Pembangunan tahap ketiga adalah pembangunan sisi timur untuk kereta api jarak jauh. pada tahapan ini, akan dibangun 6 jalur kerata api main line elevated yang ditargetkan selesai pada tahun 2025.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.