Note

Setelah Dituduh Kirim Senjata ke Rusia, Korut Tembakkan 2 Rudal Balistik

· Views 22
Korut kembali menembakkan dua rudal balistik jarak pendek (Foto: KCNA via Reuters)

TOKYO, iNews.id - Korea Utara (Korut) tampaknya tak terpengaruh dengan desakan global soal program rudalnya. Seolah menantang, Korut kembali menembakkan rudal balistik pada Jumat (23/12/2022).

Penjaga Pantai Jepang menyatakan Korut menembakkan proyektil yang diperkirakan rudal balistik jarak pendek ke laut di lepas pantai timur.

Keterangan yang sama disampaikan Kepala Staf Gabungan (JCS) Korea Selatan (Korsel). Ada dua rudal balistik jarak pendek yang ditembakkan yakni dari wilayah Sunan, di Pyongyang.

Pada Minggu (18/12/2022), Korut juga menembakkan dua rudal balistik jarak menengah. Korut menjelaskan uji coba itu penting sebagai persiapan untuk meluncurkan satelit mata-mata pada April 2023. 

Uji coba ini juga dilakukan setelah Amerika Serikat (AS) menuduh Korut mengirim senjata ke Rusia untuk digunakan perang di Ukraina. Gedung Putih menyebut Korut telah merampungkan tahap awal pengiriman senjata yakni roket infanteri dan rudal melalui perusahaan militer swasta Rusia, Wagner Group.

Pemilik Wagner Group Yevgeny Prigozhin membantah tuduhan itu dan menyebutnya sebagai rumor dan spekulasi.

Korut juga angkat bicara, membantah laporan media Jepang tentang pengiriman amunisi ke Rusia dengan menyebutnya tidak berdasar.

Kementerian Luar Negeri Korut menegaskan tidak pernah melakukan transaksi senjata dengan Rusia. Korut juga mengkritik AS yang terus mengirim senjata mematikan ke Ukraina.

Sebelumnya surat kabar Tokyo Shimbun melaporkan, Korut mengirim peluru artileri dan berbagai amunisi lainnya ke Rusia melalui kereta api pada November. Pengiriman lanjutan dilaporkan akan dilakukan pada beberapa pekan mendatang.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.