Note

Adaro Energy Bakal Bagikan Dividen Interim Terbesarnya, Simak Tata Cara dan Jadwalnya

· Views 21

JAKARTA, KOMPAS.com- Emiten tambang batu bara PT Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO) akan membagikan dividen interim terbesarnya untuk tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2022.

Dilansir dari keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Adaro akan membayarkan dividen interim dengan total nilai 500 juta dollar AS atau setara Rp 7,8 triliun (asumsi kurs Rp 15.600 per dollar AS).

"Nilai dividen interim ini lebih tinggi 67 persen dari dividen interim tahun 2021 senilai 300 juta dollar AS, dan merupakan nilai dividen interim tertinggi perseroan," bunyi keterangan tersebut, dikutip Jumat (23/12/2022).

Pembagian dividen itu telah disetujui oleh direksi perseroan melalui keputusan sirkuler direksi dengan persetujuan dari dewan komisaris sesuai dengan keputusan sirkuler dewan komisaris bertanggalkan 21 Desember 2022.

Baca juga: Adaro Minerals Bakal Pasok Aluminium untuk Hyundai

Presiden Direktur Adaro Energy Garibaldi Thohir mengatakan, pemberian dividen interim itu selaras dengan kinerja keuangan perseroan yang positif, tercermin dari pertumbuhan laba bersih yang signifikan.

Asal tahu saja, Adaro Energy membukukan laba bersih mencapai 1,90 miliar dollar AS per kuartal ketiga 2022, melonjak 352,21 persen dari laba bersih di periode yang sama tahun lalu yang hanya 420,90 juta dollar AS.

“Memberikan pengembalian kepada pemegang saham dalam bentuk pertumbuhan laba, dividen, dan pembelian saham kembali merupakan fokus perseroan," kata Garibaldi.

"Di tahun 2022, harga batu bara yang kuat dan kinerja operasional yang efisien mendukung kinerja yang solid hingga September 2022," tambahnya.

Baca juga: Adaro Cetak Rekor Laba Bersih, Ini Penyebabnya

Tata cara dan jadwal pembagian dividen

Dividen Interim akan dibagikan kepada pemegang saham perseroan yang namanya tercatat dalam daftar pemegang saham perseroan pada tanggal Record Date sampai dengan pukul 16.00 WIB.

Pembagian dividen interim kepada pemegang paham akan dilakukan dalam mata uang rupiah dengan mengacu pada kurs tengah Bank Indonesia pada tanggal 3 Januari 2023 sebagai kurs konversi.

Bagi pemegang saham yang sahamnya tercatat dalam penitipan kolektif Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), maka dividen interim akan diterima melalui pemegang rekening di KSEI.

Bagi pemegang saham yang masih menggunakan warkat, maka perseroan akan melaksanakan pembagian dividen interim secara transfer.

Baca juga: Pasokan Gas Rusia Masih Terbatas, Adaro Optimis Permintaan Batu Bara di Sisa Tahun 2022 Tetap Tinggi

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.