Note

Jepang dan AS Sebut Korut Kirim Amunisi ke Rusia, Begini Reaksi Pyongyang

· Views 14
Korut membantah laporan yang menyebut mereka menawarkan amunisi ke Rusia. (Foto: Reuters)

PYONGYANG, iNews.id - Kementerian Luar Negeri Korea Utara (Korut) membantah laporan yang menyebut mereka menawarkan amunisi ke Rusia. Mereka juga mengecam Amerika Serikat (AS) karena menyediakan senjata mematikan ke Ukraina. 

"Laporan palsu media Jepang bahwa DPRK (Republik Demokratik Rakyat Korea) menawarkan amunisi ke Rusia adalah pengalih perhatian yang paling tidak masuk akal, yang tidak layak untuk dikomentari atau ditafsirkan," kata seorang juru bicara kementerian dalam sebuah pernyataan yang disiarkan oleh kantor berita resmi Korut, KCNA, Jumat (23/12/2022).
 
Sebelumnya, media Jepang melaporkan Korut telah mengirimkan amunisi, termasuk peluru artileri ke Rusia melalui kereta api bulan lalu. 

Hal itu dikonfirmasi kembali oleh Gedung Putih pada Kamis (22/12/2022) bahwa Korut telah menyelesaikan pengiriman senjata awal ke sebuah perusahaan militer swasta Rusia. Menurut Gedung Putih, perusahaan militer swasta Rusia, Wagner Group, menerima pengiriman roket infanteri dan rudal dari Korut untuk membantu memperkuat pasukan Rusia di Ukraina. 

Sebaliknya, informasi itu dibantah oleh pemilik Wagner, Yevgeny Prigozhin. Dia menyebut pernyataan tersebut sebagai gosip dan spekulasi.

"DPRK tetap tidak berubah dalam pendiriannya yang berprinsip pada masalah 'transaksi senjata' antara DPRK dan Rusia yang tidak pernah terjadi," kata juru bicara Korut.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.