Note

Kecelakaan Kereta Teknis di Jalur KCJB akibat "Human Error"? Ini Kata Kemenhub

· Views 37

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, kecelakaan kereta teknis dalam proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) terjadi karena faktor human error.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan M. Risal Wasal mengatakan, hingga saat ini, tim yang dikerahkan DJKA masih melakukan kajian untuk menemukan penyebab dari kecelakaan kereta teknis tersebut.

"Human error yang mana? Yang di atas kereta? Di lapangan? Banyak ya. Sabar," kata Risal saat ditemui di Stasiun Gambir, Jakarta, Kamis (22/12/2022).

"Tim sudah lapor, penelitian dilakukan lebih lanjut dan mencari apa penyebab sesungguhnya bisa terjadinya kecelakaan kemarin," sambungnya.

Baca juga: Tiket Kereta Api Libur Natal dan Tahun Baru Masih Tersedia

Risal mengatakan, pihaknya belum dapat memastikan kecelakaan kereta teknis terjadi karena adanya kelalaian kerja.

Ia menegaskan, saat ini, DJKA, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), kepolisian masih melakukan investigasi terkait penyebab kecelakaannya.

"Nanti kalau salah ucap, enggak menarik jadinya terhadap penyebab, kenapanya itu iya tunggu kawan-kawan KNKT, tim investigasi, itu sudah gabungan, termasuk tim kepolisian gabung di situ karena ada korban," ujarnya.

Lebih lanjut, Risal mengatakan, akan dilakukan evaluasi menyeluruh terhadap pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) agar kecelakaan yang sama tidak terulang.

"Itu yang kita harapkan, nanti kita perbaiki di mana kekurangannya akan kita perbaikin," ucap dia.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan angkat bicara menanggapi kecelakaan pada proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Padalarang, Bandung Barat, yang terjadi pada Ahad sore lalu, 18 Desember 2022.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.