Note

Kewirausahaan Kaum Perempuan untuk Pemulihan Ekonomi Nasional

· Views 31

HARI ini, Kamis, 22 Desember 2022, Indonesia memperingati Hari Ibu yang ke-94. Tema perayaan Hari Ibu tahun ini adalah Perempuan Berdaya, Indonesia Maju.

Di dalam tema besar tersebut terdapat beberapa subtema, antara lain Kewirausahaan Perempuan: Mempercepat Kesetaraan, Mempercepat Pemulihan, Perempuan dan Digital Economy, Perempuan dan Kepemimpinan, serta Perempuan Terlindungi, Perempuan Berdaya.

Artikel ini secara khusus akan membahas mengenai subtema pertama, yaitu Kewirausahaan Perempuan: Mempercepat Kesetaraan, Mempercepat Pemulihan. Subtema ini relevan dengan kondisi perekonomian menjelang akhir tahun 2022 ini.

Pada 20 Desember 2022, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan pidato kondisi terkini APBN.

Salah satu poin yang disampaikan dalam pidato tersebut adalah kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia berada pada level positif di atas 5 persen sebagaimana yang diproyeksikan oleh berbagai lembaga seperti ADB, IMF, Bloomberg, Bank Dunia, dan OECD (kemenkeu.go.id, 20 Desember 2022).

Menteri Keuangan juga menyampaikan bahwa kinerja APBN perlu terus dijaga dan diarahkan untuk melindungi masyarakat, mendukung pemulihan, dan menjaga kesinambungan fiskal.

Dalam sudut pandang pemulihan ekonomi nasional, salah satu sektor pendukung utama adalah Usaha Kecil, Mikro, dan Menengah atau UMKM.

Dari catatan sejarah, terbukti bahwa UMKM mampu bertahan dari goncangan badai resesi ekonomi.

Indonesia dan dunia telah beberapa kali mengalami gejolak ekonomi, seperti pada 1998, 2008, 2012. Terbaru adalah pandemi Covid-19 yang tidak sekadar menggoncang dunia kesehatan, namun juga berdampak signifikan kepada kondisi perekonomian di hampir semua negara di dunia.

Jika diambil analogi sederhana, UMKM ibarat rumput yang walaupun kecil dan seperti terlihat tidak berdaya, namun justru dapat bertahan, dikala pepohonan besar (perusahaan) mulai bertumbangan dihantam badai resesi.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.