Note

Bank Dunia Pangkas Ekonomi RI, Sri Mulyani: Kita Siap Antisipasi Dinamika Global

· Views 23
Bank Dunia Pangkas Ekonomi RI, Sri Mulyani: Kita Siap Antisipasi Dinamika Global

Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Pemerintah memproyeksikan pertumbuhan ekonomi nasional 5,3 persen di 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah mengantisipasi dinamika perekonomian global. Hal ini merespon sejumlah lembaga internasional yang memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia 2023 di bawah lima persen.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan dalam APBN Tahun Anggaran 2023, pemerintah telah menetapkan asumsi makro, pertumbuhan ekonomi diproyeksikan sebesar 5,3 persen. “Nanti kita akan lihat dampaknya terhadap pelaksanaan APBN, baik dari sisi penerimaan maupun belanja, juga defisit dan pembiayaan,” ujarnya saat konferensi pers APBN KiTA, Selasa (20/12/2022).

Baca Juga
  • KNEKS Ungkap Sejumlah Capaian Ekonomi Syariah di 2022
  • Gencar Ekspansi, Emiten BUAH Optimistis Pendapatan 2022 Tumbuh 40 Persen
  • Kompetisi Kopi Internasional Jaring 39 Petani Kopi se-Indonesia

Sementara itu Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu menambahkan potensi pertumbuhan ekonomi Indonesia 2023 masih sangat kuat jika dibandingkan dengan negara G20 dan negara ASEAN. “Dengan estimasi yang sudah dikeluarkan lembaga internasional, Indonesia secara konsisten berada pada posisi yang estimasinya lebih tinggi dibandingkan banyak negara, terutama dibandingkan dengan negara G20 dan ASEAN,” katanya.

Febrio menjelaskan, sejauh ini dampak dari gejolak ekonomi global ke perekonomian mampu diatasi dengan baik, misalnya tingkat inflasi yang cukup terkendali hingga akhir tahun ini. “Bagaimana tingkat suku bunga global cukup bisa kita filter dampaknya bagi Indonesia, capital outflow dari Indonesia juga relatif terbatas dibanding banyak negara lain, dampak ke suku bunga domestik juga relatif lebih termitigasi dibanding banyak negara lain,” jelasnya.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.