Note

Laba Naik 62 Persen, Fitch Naikkan Peringkat WOM Finance (WOMF) Jadi AA

· Views 34
Laba Naik 62 Persen, Fitch Naikkan Peringkat WOM Finance (WOMF) Jadi AA
WOM Finance (ilustrasi)

IDXChannel - Lembaga pemeringkat, Fitch Ratings Indonesia (Fitch) menaikkan Peringkat Nasional Jangka Panjang PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOM Finance) menjadi ‘AA(idn)’ dari 'AA-(idn)' dengan Outlook Stabil. 

Fitch juga telah mengafirmasi Peringkat Nasional Jangka Pendek WOM Finance di 'F1+(idn)' dan menaikkan peringkat pada mata uang lokal yang diterbitkan menjadi 'AA(idn)' dari 'AA-(idn)'.

Melalui keterangan resminya, Fitch menjelaskan bahwa peringkat nasional di kategori ‘AA’ menunjukkan ekspektasi tingkat risiko gagal bayar yang sangat rendah dibandingkan terhadap emiten atau obligasi lain di negara atau serikat moneter yang sama. Risiko kredit hanya sedikit berbeda dari emiten-emiten atau surat-surat utang yang mendapat peringkat tertinggi di Indonesia. 
Sedangkan peringkat Nasional ‘F1’ menunjukkan kapasitas terkuat untuk pembayaran tepat waktu atas komitmen keuangan relatif terhadap penerbit atau kewajiban lain di negara yang sama. 

Di bawah skala Peringkat Nasional lembaga tersebut, peringkat ini ditetapkan ke risiko gagal bayar terendah dibandingkan dengan yang lain di negara atau serikat moneter yang sama. Di mana profil likuiditas sangat kuat, "+" ditambahkan ke peringkat yang ditetapkan.

Kenaikan peringkat WOM Finance didorong oleh ekspektasi Fitch atas dukungan luar biasa yang lebih tinggi dari pemegang saham terbesar WOM Finance yaitu PT Bank Maybank Indonesia Tbk (AAA(idn)/Stabil) serta meningkatnya kontribusi WOM Finance terhadap PT Bank Maybank Indonesia Tbk.

Djaja Suryanto Sutandar, Presiden Direktur WOM Finance menyebut pada masa pemulihan pasca pandemi, WOM Finance terus menunjukkan performa yang cukup signifikan dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya, sehingga mempengaruhi peningkatan peringkat yang dikeluarkan oleh Fitch Ratings.

Hingga September 2022, WOM Finance berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp 123 miliar, atau meningkat 62% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. 

Dari sisi Rasio, WOM Finance tetap menjaga risiko kredit yang rendah. Rasio kredit bermasalah (non-performing financing/NPF) gross membaik berada di level 1,7% dan NPF nett berada di level 0,7%. Return on Assets (ROA) sebesar 4.3% dengan Return on Equity (ROE) 11.9%, masing-masing tumbuh positif 1,7% dan 3,9% dibandingkan September 2021.

“Kami sangat mengapresiasi kepercayaan yang didapat dari lembaga pemeringkatan Fitch Rating Indonesia. Dengan kenaikan peringkat ini, kami berharap agar WOM Finance dapat terus bertumbuh, mendapatkan kepercayaan dari perbankan dan investor untuk terus dapat mendukung pertumbuhan bisnis sehingga WOM Finance dapat terus membantu kebutuhan finansial konsumen,” pungkasnya.

(NDA) 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.