Note

Jadi Saham IPO Paling Cuan di 2022, Valuasi ADMR Sudah Kemahalan?

· Views 25
Jadi Saham IPO Paling Cuan di 2022, Valuasi ADMR Sudah Kemahalan?
Jadi Saham IPO Paling Cuan di 2022, Valuasi ADMR Sudah Kemahalan? (Foto: MNC Media)

IDXChannel – PT Adaro Minerals Tbk (ADRO) menjadi emiten dengan kinerja saham paling moncer semenjak melantai perdana di bursa pada Januari lalu. Kendati demikian, valuasi dari emiten ini termasuk mahal dibandingkan dengan rata-rata emiten batu bara lainnya.

Menurut data Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Selasa (20/12), harga saham ADMR naik sebesar 1.545 persen dari harga Initial Public Offering atau IPOnya (Rp100/saham). Adapun harga saham ADMR per 20 Desember mencapai Rp1.645/saham.

Baca Juga:
Pasok Listrik untuk Nataru, PLN Amankan Stok Batu Bara hingga BBM

Dengan kenaikan harga saham di atas 1.500 persen semenjak manggung, emiten anak usaha PT Adaro Indonesia Tbk (ADRO) tersebut menjadi saham IPO tercuan di bursa Tanah Air.

Selain itu, dibandingkan dengan ratusan saham di BEI lainnya, ADMR juga menjadi saham dengan kenaikan paling fantastis.

Baca Juga:
Taipan Batu Bara Borong Saham BYAN Rp10,67 Miliar, Ada Apa?

Melesatnya saham ADMR tak lepas dari sentimen naiknya harga komoditas batu bara sepanjang tahun 2022.

Melansir data dari Tradingeconomics pada Selasa (20/12), dalam setahun belakangan, harga batu bara melambung hingga 138,69 persen. Selain mengerek saham ADMR, berkah boom batu bara juga berdampak terhadap kinerja keuangan emiten.

Baca Juga:
Sebelumnya Mengecam, Kini Jerman Kembali Pakai Batu Bara

Menurut laporan keuangan emiten hingga 9 bulan 2022, pendapatan bersih ADMR melesat hingga 188,13 persen di periode ini menjadi USD666,48 juta atau setara Rp10,42 triliun dengan asumsi kurs Rp15.632/USD.

Selain itu, laba bersih emiten juga meroket hingga 481,59 persen di periode ini. Adapun laba bersih yang dibukukan selama 9 bulan 2022 sebesar USD284,26 juta atau Rp4,44 triliun.

Melesatnya kinerja keuangan ADMR sepanjang 9 bulan 2022 ditopang oleh meningkatnya sejumlah segmen pendapatan perusahaan.

Berdasarkan laporan keuangan emiten hingga 30 September 2022, penjualan batu bara pihak ketiga ADMR melambung hingga 504,21 persen menjadi USD209,71 juta (Rp3,28 triliun).

Selain itu, segmen pendapatan lainnya yang meningkat signifikan di periode ini adalah jasa lainnya dan penjualan batu bara pihak berelasi yang masing-masing melesat sebesar 277,81 persen dan 131,92 persen secara year on year (yoy).

Sementara pendapatan dari penjualan batu bara pihak berelasi di periode ini mencapai USD454,69 juta (Rp7,11 triliun). Sedangkan jasa lainnya berkontribusi sebesar USD2,08 juta (Rp32,53 miliar).

Soal Valuasi

Walaupun ADMR memiliki kinerja saham hingga keuangan yang cemerlang selama melantai di bursa, emiten batu bara ini memiliki valuasi yang sudah tergolong mahal.

Bila dibandingkan dengan rata-rata industri, angka price earnings ratio (PER) dari ADMR tergolong  lebih tinggi, yaitu mencapai 11,64 kali per Selasa (20/12). Sementara, PER dari industri batu bara hanya sebesar 6,53 kali.

Sedangkan rasio price to book value (PBV) dari emiten ini juga di atas rata-rata industri. Adapun rasio PBV dari ADMR pada Selasa (20/12) sebesar 9,08 kali, lebih tinggi dari industri yang hanya sebesar 1,66 kali.

Sementara dibandingkan dengan emiten batu bara lainnya, valuasi dari ADMR juga jauh lebih tinggi. Sebagai contoh, angka PER dari induknya, yaitu ADRO hanya sebesar 3,25 kali. Sedangkan rasio PBV dari ADRO sebesar 1,42 kali.

Selain ADRO, emiten batu bara lainnya seperti PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG) juga punya PER dan PBV di bawah ADMR, yakni masing-masing sebesar 2,54 kali dan 1,55 kali.

Periset: Melati Kristina

(ADF)

Disclaimer: Keputusan pembelian/penjualan saham sepenuhnya ada di tangan investor.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.