Note

Menhub: 44 Juta Warga Akan Mudik, Paling Banyak Gunakan Mobil Pribadi dan Motor

· Views 31

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, sebanyak 16 persen atau 44 juta warga akan melakukan perjalanan selama periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022/2023.

Budi mengatakan, berdasarkan survei yang dilakukan Kemenhub, mobil pribadi dan motor paling banyak digunakan untuk melakukan perjalanan selama Nataru.

"Dari survei ada 16 persen yang ingin mudik atau 44 juta, dari jumlah ini tentu sangat banyak dan mobil pribadi dan motor itu yang terbanyak," kata Budi dalam Pembukaan Posko Angkutan Nataru 2022/2023 secara virtual, Senin (19/12/2022).

Baca juga: Kunker ke Arab Saudi, Menhub Tawarkan Peningkatan Kerja Sama Penerbangan

Budi mengatakan, perjalanan jauh menggunakan motor tidak disarankan karena dapat membahayakan keselamatan.

Ia mengimbau masyarakat untuk menggunakan moda transportasi yang lebih aman seperti bis, kereta api, pesawat dan kapal laut.

"Saya mohon kepada semua stakeholders, khususnya Polri untuk memerhatikan dan melakukan suatu imbauan agar tidak mudik dengan motor karena relatif kurang aman untuk keselamatan," ujarnya.

Lebih lanjut, Budi mengatakan, pelaksanaan Nataru 2022/2023 kali ini tidak diberlakukan pembatasan mobilitas masyarakat, meski kasus Covid-19 cenderung meningkat.

Karenanya, ia meminta seluruh jajaran Kemenhub untuk mengatur pelaksanaan perjalanan selama periode Nataru berjalan dengan baik.

"Saya juga mengajak semua stakeholders, semua asosiasi, lembaga masyarakat yang terlibat langsung dalam posko yang akan dilaksanakan 19 Desember sampai 3 Januari 2023, 16 hari di kantor pusat Kementerian Perhubungan," ucap dia.

Baca juga: Menhub Digugat Pengusaha Angkutan Penyeberangan Rp 92,6 Miliar, Ini Sebabnya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.