Note

Putri Hawaii Terakhir Abigail Kawananakoa Meninggal, Tinggalkan Warisan Rp3,4 Triliun

· Views 37
Abigail Kawananakoa, putri Hawaii terakhir, meninggal di usia 96 tahun (Foto: AP)

HONOLULU, iNews.id - Putri Hawaii terakhir, Abigail Kinoiki Kekaulike Kawananakoa, meninggal dunia di usia 96 tahun, Minggu (11/12/2022). Dia mengembuskan napas terakhir di samping pasangannya yang juga perempuan, Veronica Gail Kawananakoa, di rumahnya di Honolulu, demikian pernyataan Istana Iolani, rumah keluarga kerajaan, dalam pernyataan yang dilaporkan BBC.

"Abigail akan dikenang karena kecintaannya terhadap Hawaii serta penduduknya. Saya akan merindukannya dengan sepenuh hati," kata Veronica. 

Istana tak menjelaskan penyebab kematian perempuan yang lahir pada 1926 itu.  Semasa hidup, Abigail pernah menimba ilmu di Shanghai, China, dan California, AS.

Sebagai bangsawan di pulau surga Amerika, Abigail mewarisi harta terbilang luar biasa. Kekayaannya diperkirakan mencapai 215 juta dolar AS atau sekitar Rp3,4 triliun.

Hartanya berasal dari warisan kakek buyut, James Campbell, seorang pengusaha asal Irlandia yang memiliki perkebunan tebu.

Putri James menikah dengan David Kawananakoa, pangeran yang berada di urutan ketiga pewaris takhta Kerajaan Hawaii. Namun David tak sampai berkuasa karena keluarga kerajaan digulingkan oleh pengusaha AS pada 1893.

Pangeran David meninggal pada 1908, kemudian istrinya mengangkat sang cucu, Abigail, menjadi anak atau mengadopsinya melalui tradisi yang dikenal dengan hanai. Status itu memperkuat klaim Abigail sebagai Putri.

Beberapa ahli mengklaim Putri Abigail lah yang memiliki ikatan kerajaan terkuat dengan Hawaii. Namun ada pengakuan terpisah dari bekas keluarga kerajaan yang mengklaim Putri Owana Ka'ohelelani sebegai penerus dinasti kerajaan yang sah.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.