Note

Dapat Suntikan Rp 57 Miliar, Eratani Fokus Tingkatkan Produktivitas Petani Indonesia

· Views 23

JAKARTA, KOMPAS.com - Startup agri-tech, Eratani meraih pendanaan pada tahap awal (seed funding) sebesar 3,8 juta dollar AS atau setara dengan Rp 57 miliar yang dipimpin oleh perusahaan investor asal Singapura yaitu TNB Aura.

Pada putaran sebelumnya, Eratani memperoleh pendanaan sebesar Rp 23 miliar yang digunakan untuk mendampingi lebih dari 10.000 petani binaan yang tersebar di seluruh pulau Jawa dengan total 8.000 hektar lahan padi dan telah berkontribusi dalam menghasilkan lebih dari 52.000 ton beras dalam kurun waktu 1 tahun.

CEO dari Eratani Andrew Soeherman mengatakan, dana segar ini akan digunakan untuk penyempurnaan program pendampingan dalam memaksimalkan produktivitas petani, ekspansi ke wilayah binaan baru, membantu digitalisasi proses pertanian, serta pengembangan pada sumber daya manusia dan teknologi.

Baca juga: Kemenko Perekonomian: Jumlah Startup Indonesia Peringkat 6 Besar Dunia

Di sisi lain, Eratani juga akan terus memaksimalkan jalinan kerja sama yang dimiliki bersama dengan Kementerian Pertanian Indonesia dan BULOG Indonesia untuk mengembangkan ekosistem pertanian di Indonesia dan mengawali misi swasembada pangan di Indonesia.

“Putaran kali ini akan membuat kami semakin kuat dan gencar untuk mengembangkan Eratani melalui kontribusi kami secara langsung dalam memaksimalkan potensi pertanian di Indonesia,” ujar Andrew dalam siaran persnya, Kamis (15/12/2022).

Andrew menuturkan, melalui perolehan pendanaan ini, Eratani diproyeksikan memiliki 50.000 petani binaan pada akhir 2024 dan Eratani berharap dapat terus berperan dalam mentransformasikan pertanian Indonesia untuk jadi lebih masif serta menjadikan Indonesia sebagai negara agraris yang kokoh.

Andrew menilai besarnya peluang di bidang pertanian Indonesia membuat Eratani menjadi salah satu startup yang dilirik oleh para investor yang memiliki ketertarikan di bidang agrikultur.

Tingginya ketertarikan tersebut terlihat dari perolehan pendanaan Eratani yang mengalami kelebihan permintaan atau oversubscribed dengan diisi oleh beberapa wajah baru, seperti TNB Aura, AgFunder, B.I.G Ventures serta Trihill Capital yang kembali bergabung setelah partisipasinya pada putaran awal.

"Dengan banyaknya tantangan di lingkup rantai pasok pertanian nasional, TNB Aura percaya Eratani memiliki pendekatan farmers-centric demi meningkatkan ketahanan pangan berkelanjutan di Indonesia," ujar Founding Partner dari TNB Aura Vicknesh R Pillay.

Baca juga: Eratani Dapat Pendanaan Rp 23 Miliar dari Trihill Capital

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.