Note

Asyik! Pemerintah Siapkan Insentif Rp 80 Juta Bagi Pembeli Mobil Listrik

· Views 28
Asyik! Pemerintah Siapkan Insentif Rp 80 Juta Bagi Pembeli Mobil Listrik

Pengunjung berdiri disamping kendaraan mobil dinas Pemerintah Kota Bogor yang menggunakan energi listrik saat dipamerkan di Balaikota Bogor, Jawa Barat. Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan, pemerintah akan memberikan insentif untuk pembelian mobil dan motor listrik. Meskipun masih dalam tahap finalisasi, namun ia menyebut besaran insentif yang akan diberikan untuk pembelian mobil listrik yakni sebesar Rp 80 juta.

Foto: ANTARA FOTO/Arif Firmansyah
Pemerintah siapkan insentif mobil listrik karena belajar dari kesuksesan negara lain

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan, pemerintah akan memberikan insentif untuk pembelian mobil dan motor listrik. Meskipun masih dalam tahap finalisasi, namun ia menyebut besaran insentif yang akan diberikan untuk pembelian mobil listrik yakni sebesar Rp 80 juta.

Sedangkan insentif untuk pembelian mobil listrik berbasis hybrid yakni sebesar Rp 40 juta. "Jumlah dari subsidinya ini akan kami hitung, tapi kira-kira untuk pembelian mobil listrik akan diberikan insentif sebesar Rp 80 juta, untuk pembelian mobil listrik berbasis hybrid akan diberikan insentif Rp 40 juta," kata Agus dalam keterangannya yang diunggah melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (14/12).

Sementara untuk pembelian motor listrik akan diberi insentif sebesar Rp 8 juta dan motor konversi menjadi motor listrik akan diberikan insentif sekitar Rp 5 juta. Agus menjelaskan, insentif akan diberikan kepada pembeli yang membeli mobil atau motor listrik dari produsen yang memiliki pabrik di Indonesia. Ia menilai, pemberian insentif untuk kendaraan listrik ini penting dilakukan setelah belajar dari berbagai negara lain yang sudah maju dalam menggunakan kendaraan listrik.

"Contohnya negara-negara di Eropa, kenapa mereka lebih maju karena memang pemerintahnya memberikan insentif, dan kalau kita lihat juga China juga berikan insentif dan negara yang sebetulnya menjadi kompetitor kita Thailand juga memberikan insentif," ujar dia.

Ia mengatakan, kebijakan insentif yang diberikan oleh masing-masing negara pun berbeda. Namun Agus menegaskan, pemberian insentif pembelian mobil dan motor listrik ini dilakukan untuk mempercepat pertumbuhan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia."Tapi intinya memberikan insentif dan dalam konteks ini Indonesia sebagai negara agar penggunaan mobil utamanya listrik menjadi semakin cepat," kata Agus.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.