Note

Bagaimana Kabar IPO ASDP? Ini Update Terbarunya

· Views 28

Jakarta, IDN Times - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menyampaikan update terkini soal rencananya untuk melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) atau untuk Initial Public Offering (IPO).

Direktur Keuangan ASDP Indonesia, Fatah Setiawan Topobroto menyatakan, pihaknya masih menunggu waktu yang tepat sambil terus berkoordinasi dengan Kementerian BUMN.

"Bisa 2023, bisa sesudahnya, masih menunggu waktu yang tepat dan tergantung pada kondisi makro ekonomi," ucap Fatah saat ditemui awak media di Jakarta, Rabu (14/12/2022).

Adapun koordinasi dengan Kementerian BUMN dilakukan karena BUMN pada dasarnya butuh strategi dan penyesuaian perusahaan milik negara mana yang akan lebih dahulu melakukan IPO.

Baca Juga: Akuisisi PT Jembatan Nusantara, ASDP Siap-Siap IPO 

1. IPO jadi rencana jangka panjang ASDP

Bagaimana Kabar IPO ASDP? Ini Update TerbarunyaDirektur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Ira Puspadewi. (IDN Times/ Helmi Shemi)

Sebelumnya diberitakan, IPO merupakan salah satu strategi jangka panjang ASDP. Direktur Utama ASDP Indonesia, Ira Puspadewi pernah mengatakan bahwa pihaknya menargetkan dana segar mencapai Rp3,25 triliun bisa diperoleh dari penawaran umum perdana mereka.

"Kami ingin menunjukkan pada pandemi ini kami tak diam, dan siap melantai. Rencana jangka panjang ini, tahun 2024 meningkatkan revenue di 2019 Rp3,2 triliun, kita ingin 2024 naik menjadi Rp5 triliun," papar Ira.

Lebih lanjut, Ira menyampaikan bahwa ASDP berencana akan melepas sekitar 20-25 persen sahamnya kepada publik. Namun, jumlah saham yang akan dilepas ini masih dalam penghitungan.

"Ini masih indikatif, masih melakukan proses valuasi, mengejar pendapatan target tahun ini Rp3,4 triliun-Rp3,5 triliun tahun ini. Laba juga kisaran konsolidasi Rp111 miliar," katanya.

Baca Juga: ASDP Proyeksikan 2,86 Juta Penumpang Padati Pelabuhan selama Nataru

2. Ada dua BUMN yang mau IPO

Bagaimana Kabar IPO ASDP? Ini Update TerbarunyaGedung Kementerian BUMN (IDN Times/Ridwan Aji Pitoko)

Berkaitan dengan hal tersebut, Kepala Eksekutif Pengawasan Pasar Modal OJK, Inarno Djajadi menyebutkan ada dua Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam antrean IPO.

"Sementara ini pembicaraan dengan BUMN ada dua di pipeline yang cukup besar," ujar Inarno.

Namun, hanya satu yang akan terlaksana di tahun ini dan satunya akan terlaksana pada tahun depan. Sementara yang lainnya, menurut Inarno belum bisa dijelaskan.

Baca Juga: BEI Targetkan 57 Perusahaan IPO Tahun Depan

3. Ada anak BUMN yang IPO tahun depan

Bagaimana Kabar IPO ASDP? Ini Update Terbarunyailustrasi IPO (rawpixel.com/Raw Pixel)

Di sisi lain, bakal ada anak BUMN yang juga melaksanakan IPO tahun depan. Hal itu diungkapkan oleh Direktur Utama BEI, Iman Rachman beberapa waktu lalu.

Kendati begitu, Iman masih belum mengungkapkan nama anak perusahaan pelat merah tersebut lantaran masih dalam tahap proses book building.

"Itu termasuk anak BUMN, beberapa anak BUMN. Mereka sedang proses book building. Gak boleh sebut nama sampai proses selesai. Ada anak BUMN di pipeline, tapi gak bisa sebut nama," ucap dia.

Iman menambahkan, perusahaan yang melantai di bursa pada 2023 nanti mayoritas datang dari sektor konsumen non-primer, teknologi dan energi. Sementara sisanya tersebar pada sektor lainnya.

Baca Artikel Selengkapnya

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.