Note

Ternyata, Ini Penyebab SoftBank Batal Investasi di Proyek IKN

· Views 53

Jakarta, IDN Times - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengungkapkan alasan di balik SoftBank batal berinvestasi pada proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

Rupanya, Indonesia tidak dapat menerima proposal yang diajukan oleh perusahaan milik Masayoshi Son itu karena dianggap hanya menguntungkan SoftBank.

"Memang SoftBank ini, Masayoshi ini sudah pernah ketemu Bapak Presiden dan berkali-kali saya sendiri ikut untuk meng-approach. Proposal yang ditawarkan (SoftBank) menurut kami untung bagi dia, gak untung untuk negara," kata Bahlil dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI, Rabu (14/12/2022).

Baca Juga: Bahlil Klaim Softbank Belum Mundur dari Investasi di IKN Nusantara

1. Proposal yang bikin Indonesia dan SoftBank batal bekerja sama

Ternyata, Ini Penyebab SoftBank Batal Investasi di Proyek IKNCEO Softbank Masayoshi Son tengah berbincang dengan Luhut Pandjaitan. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Dalam hal ini, dia mencontohkan bahwa SoftBank ingin menentukan sendiri internal rate of return (IRR) dari investasi yang akan mereka tanamkan di IKN. IRR adalah metrik yang digunakan dalam analisis keuangan untuk memperkirakan profitabilitas investasi potensial.

"Dia mau bangun, IRR-nya ditentuin sendiri, nanti pemerintah tinggal sewa ke dia, gak fair dong, gak cincai dong. Jadi kita mencari model investasi yang fair, artinya yang investornya juga hidup tapi negara juga jangan dibuat berat, win-win," tuturnya.

Baca Juga: Kronologi Batalnya SoftBank Berinvestasi di IKN versi Luhut

2. Pemerintah tidak mau negara didikte pengusaha

Ternyata, Ini Penyebab SoftBank Batal Investasi di Proyek IKNMenteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia (dok. Tangkapan Layar Youtube BKPM TV)

Bahlil menegaskan bahwa pemerintah tidak mau didikte. Dia selalu menekankan bahwa pengusaha tidak boleh mengatur negara. Jadi, negara yang mengatur pengusaha.
 
"Tapi juga negara tidak boleh semena-mena bagi pengusaha, gak boleh, karena kita saling membutuhkan," jelasnya.

Baca Juga: SoftBank Mundur Jadi Investor IKN, Kepala Otorita: Biasa di Swasta

3. Indonesia sudah memperoleh komitmen Rp200 triliun dari investor

Ternyata, Ini Penyebab SoftBank Batal Investasi di Proyek IKNPresiden Jokowi (pegang payung) saat meninjau lokasi IKN di PPU untuk pertama kalinya sejak penentuan IKN baru (IDN Times/Yuda Almerio)

Setidaknya, masih banyak negara yang diklaim Bahlil berminat untuk berinvestasi di IKN, misalnya Uni Emirat Arab, China, beberapa negara Eropa, Taiwan, dan Korea Selatan.

Dia sebelumnya juga mengatakan proyek IKN akan mendapatkan kucuran investasi dari investor sedikitnya Rp200 triliun. Itu merupakan investasi untuk tahap pertama pembangunan.

"Angkanya tidak mengecewakan. Artinya bahwa minimal Rp200 triliun itu kita akan bisa wujudkan dalam pembangunan proyek IKN di tahap pertama," kata Bahlil dalam konferensi pers realisasi investasi di Kantor Kementerian Investasi, Jakarta, Senin (24/10/2022).

Baca Artikel Selengkapnya

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.