Note

Kala Niat dan Khilaf Mendukung Terjadi Kecurangan Karyawan

· Views 21

SALAH satu yang dilakukan seorang pelaku fraud adalah berpikir outside the box. Ketika seorang fraudster mempelajari mekanisme kerja, kelemahan SOP dan kontrol sehingga menjadi inovatif dalam menggali celah untuk mendapatkan keuntungan.

Hal ini akan sulit terdeteksi, bilamana fungsi dalam organisasi tidak aware dalam menjalankan aktivitas operasional. Celah yang dapat dieksploitasi terkadang sudah diketahui, namun abai sampai pada akhirnya kerugian benar-benar terjadi.

Internal fraud hanya salah satu dari banyak ancaman yang dihadapi perusahaan. Pelaku fraud memiliki banyak cara dalam melakukan kecurangan yang disengaja membuat sulit untuk terdeteksi.

Selain itu, siapa pun dalam perusahaan juga memiliki potensi melakukan kecurangan terlepas dari jabatan, usia, jenis kelamin, ataupun masa kerja.

Ancaman kecurangan di internal akan berdampak pada kerugian semakin besar (magnitude). Misalnya, ketika seorang karyawan melakukan tindakan kecurangan dengan mencuri jumlah kecil dalam kurun waktu lama, maka sudah barang tentu akan mengurangi kemungkinan pelaku terdeteksi dan cenderung akan menimbulkan kerugian yang lebih besar (loss magnitude). Biasanya, pelaku akan terdeteksi dalam waktu cukup lama.

Banyak fraudster bekerja dalam perusahaan cukup lama. Hal ini akan memberikan kesempatan pelaku untuk mempelajari segala aktivitas dalam organisasi.

Semakin dalam tahu, semakin dapat mengidentifikasi celah kerawanan, dan semakin leluasa mengeksploitasi.

Di sisi lain, lamanya seorang pelaku dalam posisi tertentu, dapat menjadi seorang yang dipercaya bahkan diandalkan hingga mampu diberikan kewenangan tertentu dalam organisasi.

Faktor senioritas pelaku dalam suatu organisasi sangat berkorelasi dengan ukuran kecurangan yang dilakukan.

Jika menelisik kejadian fraud yang melibatkan orang dalam (insider fraud) umumnya secara teknis tidak terlalu canggih. Namun lebih kepada memanfaatkan kewenangan dan kelengahan atasan atau rekan kerja untuk memuluskan aksinya.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.