Note

Pengusaha Hotel Ngeluh OSS Bikin Restoran-Kafe Menjamur di Perumahan

· Views 39

Jakarta, IDN Times - Kemudahan memperoleh izin usaha melalui Online Single Submission (OSS) ternyata tak sepenuhnya dipandang positif. PHRI menilai kemudahan memperoleh izin itu menyebabkan banyaknya restoran dan kafe yang dibangun di kawasan perumahan.

Hal itu disampaikan Sekretaris Jenderal Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Maulana Yusran dalam rapat dengar pendapat umum (RDPU) dengan Komisi X DPR RI, Selasa (13/12/2022).

"Kita perhatikan bahwa ada kebijakan khusus dari OSS ini bahwa unit usaha UMKM ini kan boleh langsung keluar izinnya. Akhirnya marak itu pembangunan-pembangunan restoran, kafe itu di lingkungan perumahan," kata Maulana.

Baca Juga: PHRI Ungkap Dampak KUHP ke Pariwisata: Itu Merusak! 

1. PHRI sebut restoran dan kafe yang dibangun di perumahan sulit ditertibkan

Pengusaha Hotel Ngeluh OSS Bikin Restoran-Kafe Menjamur di PerumahanIlustrasi suasana di kafe (IDN Times/Rizka Yulita-Anjani Eka Lestari)

Menurut Maulana, banyaknya perumahan dan kafe yang dibangun di kawasan perumahan sulit ditertibkan oleh pemerintah daerah (Pemda), karena akan berlawanan dengan sistem OSS yang di bawah wewenang pemerintah pusat.

"Pemda gak berhasil menertibkan ini, karena berlawanan dengan sistem," ucap Maulana.

Baca Juga: KUHP Bikin Investor Pariwisata Resah, Ini Langkah Menparekraf

2. Usaha travel agent juga terancam

Pengusaha Hotel Ngeluh OSS Bikin Restoran-Kafe Menjamur di PerumahanIlustrasi agen travel umrah di Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Tak hanya di industri hotel dan restoran, OSS juga mempermudah didirikannya usaha agen perjalanan atau travel agent di mana pun. Menurut Maulana, hal ini juga bisa mengganggu industri travel agent.

"Sehingga ini juga mengancam travel agent. Jadi muncul travel agent travel agent yang bisa sekejap muncul," tutur dia.

Baca Juga: Luhut: Steve Jobs-Bill Gates Gak Bisa Selesaikan Masalah OSS 1 Hari

3. PHRI minta Badan Pertanahan Nasional (BPN) turun tangan

Pengusaha Hotel Ngeluh OSS Bikin Restoran-Kafe Menjamur di PerumahanKantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Lamongan. IDN Times/Imron

Oleh sebab itu, menurut dia dalam hal pengaturan lokasi usaha agar lebih tertib, perlu ditangani oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN).

"Ini perlu didudukkan dengan badan agraria, pertanahan nasional. Karena dengan mendapatkan NIB saja sudah bisa mengurus usaha individual," ujar Maulana.

Baca Artikel Selengkapnya

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.