Note

Menteri Bahlil Ajak Masyarakat Dukung Ekonomi Biru

· Views 26
Menteri Bahlil Ajak Masyarakat Dukung Ekonomi Biru

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia (kiri). Kementerian Investasi atau Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menggelar perhelatan peringatan Hari Nusantara 2022 di Pantai Marina, Wakatobi, Selasa (13/12). Mengusung tema Ekonomi Biru untuk Indonesia Lebih Kuat, kegiatan itu dibuka secara langsung oleh Menteri Investasi atau Kepala BKPM Bahlil Lahadalia dan dihadiri oleh Gubernur Sulawesi Utara H Ali Mazi.

Foto: Republika/Prayogi
Menteri Bahlil akui sedang susun roadmap hilirisasi untuk dukung ekonomi biru

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Investasi atau Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menggelar perhelatan peringatan Hari Nusantara 2022 di Pantai Marina, Wakatobi, Selasa (13/12). Mengusung tema Ekonomi Biru untuk Indonesia Lebih Kuat, kegiatan itu dibuka secara langsung oleh Menteri Investasi atau Kepala BKPM Bahlil Lahadalia dan dihadiri oleh Gubernur Sulawesi Utara H Ali Mazi.

Bahlil mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Wakatobi sebagai tuan rumah, serta semua pihak yang sudah terlibat, seperti Kementerian/Lembaga (K/L) terkait, Tentara Nasional Indonesia (TNI), dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara.

Ia menjelaskan, rangkaian kegiatan yang dilaksanakan pada 10 sampai 14 Desember 2022 merupakan program strategis untuk membangkitkan potensi daerah yang dapat mendukung program prioritas nasional.

“Industri hilirisasi dengan pengembangan potensi daerah ini tidak hanya terbatas pada pertambangan, namun akan dilanjutkan pada sektor pangan dan juga kelautan, yang sejalan instruksi presiden dalam mengembangkan ekonomi biru. Saat ini, kami juga sedang menyusun roadmap hilirisasi untuk produk perikanan serta rumput laut yang dikembangkan menjadi produk olahan pangan ataupun produk turunan lainnya,” ujar Bahlil dalam keterangan resmi, Selasa (13/12).

Tahun ini, kata dia, Wakatobi terpilih sebagai tuan rumah karena merupakan wisata bahari yang menjadi kebanggaan Indonesia. Itu telah dikenal dunia sebagai kepingan surga. Penyelenggaraan Hari Nusantara 2022 ini selaras dengan komitmen pemerintah Indonesia mencapai Net Zero Emission (NZE) pada 2060 yang diharapkan menumbuhkan sektor potensi investasi di sektor ekonomi biru, ekonomi hijau, dan ekonomi sirkular.

Rangkaian kegiatan peringatan Hari Nusantara yang diselenggarakan pada 10 sampai 14 Desember antara lain Kegiatan Bersih Laut, Bakti Kesehatan, Kampanye Gemar Makan Ikan, Lomba Kuliner Nusantara se-Provinsi Sulawesi Tenggara, Forum Investasi: Penguatan Strategi Investasi Daerah, Pameran, Panggung Hiburan Rakyat, Promosi Kesehatan Stunting, Deklarasi Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dan Desa Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS), Panen Raya Rumput Laut, Penanaman Mangrove, Pelepasan Tukik, serta acara puncak peringatan Hari Nusantara 2022.

Berdasarkan data Kementerian Investasi/BKPM, realisasi investasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) di Sulawesi Tenggara pada periode Januari sampai September 2022 mencapai Rp 17,8 triliun dan Penanaman Modal Asing (PMA) sebesar 11,36 miliar dolar AS. Realisasi investasi tersebut berhasil menyerap sebanyak 9.865 Tenaga Kerja Indonesia.

Pada periode sama, realisasi investasi di Kabupaten Wakatobi sendiri memperoleh PMDN sebesar Rp 3,3 triliun. Lalu total PMA sebanyak 15,3 juta dolar AS.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.