Note

Terus-terusan ARB, Saham GOTO Bakal Disuspensi? Ini Kata BEI

· Views 29

JAKARTA, KOMPAS.com - Saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) terus mengalami tekanan. Tercatat saham emiten teknologi itu menyentuh level auto reject bawah (ARB) selama 11 sesi perdagangan secara berturut-turut.

Pada perdagangan Senin (12/12/2022) kemarin, harga saham GOTO tertekan 6,45 persen ke posisi Rp 87 per saham. Harga itu telah menyusut 74,26 persen dari posisi harga penawaran umum perdana atau IPO sebesar Rp 338 per saham.

Menanggapi kontraksi yang signifikan itu, Direktur Penilaian Perusahaan Bursa Efek Indonesia (BEI) I Gede Nyoman Yetna mengatakan, pihaknya terus melakukan pemantauan terhadap saham GOTO. Meskipun demikian, belum ada pilihan upaya suspensi saham GOTO dalam waktu dekat.

Baca juga: Soal Investasi Telkom di GoTo, Dirut: Bukan Capital Gain Semata

"Terkait dengan suspensi perdagangan dikaitkan dengan volatilitas transaksi, dapat kami sampaikan bahwa Bursa selalu melakukan evaluasi atas perdagangan efek sebuah perusahaan tercatat," kata dia, kepada wartawan, Senin (12/12/2022).

"Dengan mempertimbangkan kondisi perusahaan, keterbukaan informasi yang disampaikan, dan kondisi market secara keseluruhan," tambah Nyoman.

Lebih lanjut Ia bilang, atas penurunan harga saham GOTO dalam beberapa hari terakhir, bursa telah meminta penjelasan kepada perseroan. Adapun penjelasan telah disampaikan oleh manajemen GOTO.

"Selain itu Bursa juga telah meminta Perseroan untuk melaksanakan publik ekspose insidental dan telah dilaksanakan pada tanggal 8 Desember 2022. Hasilnya juga telah ditayangkan pada website Bursa," tuturnya.

Beban GOTO terhadap IHSG mulai berkurang

Nyoman menjelaskan, per 9 Desember lalu bobot saham GOTO terhadap IHSG sebesar 2,75 persen. Ini menurun dibandingkan posisi akhir November lalu di kisaran 4,89 persen.

Dengan demikian, dampak pelemahan GOTO terhadap IHSG kian berkurang. Ini selaras dengan kapitalisasi pasar perusahaan yang kian menyusut.

"Dengan demikian apabila saham GOTO turun sebesar 7 persen dalam satu hari, maka maka IHSG hanya akan turun sebesar 0,175 persen," katanya.

Sebagaimana diketahui, perubahan IHSG sebagian besar dipengaruhi oleh fluktuasi harga saham dari perusahaan yang memiliki market capitalization besar. BEI mencatat, per 9 Desember 10 perusahaan tercatat yang memiliki kapitalisasi pasar terbesar adalah BBCA, BBRI, BMRI, BYAN, TLKM, ASII, TPIA, BBNI, UNVR, dan ICBP.

Baca juga: Terus-terusan ARB, Seberapa Jauh Saham GOTO Bakal Terkoreksi?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.