Note

Investor Antre Jual Saham GOTO, Nilainya Makin Makin Mepet ke Gocap

· Views 17
Investor Antre Jual Saham GOTO, Nilainya Makin Makin Mepet ke Gocap
Foto: Tim Infografis/Fauzan Kamil
Jakarta

Investor PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) sampai saat ini berbondong-bondong menjual sahamnya. Penjualan ini terjadi saat nilai saham emiten tersebut telah menurun sangat signifikan.

Dikutip dari RTI, para perdagangan Senin kemarin (12/12/2022) saham GOTO dibuka sudah turun 6 poin atau sebesar 6,45% ke level Rp 87 dari posisi sebelumnya pada penutupan Rp 93. Lagi-lagi saham tersebut mengalami penurunan paling bawah dalam sehari atau auto reject bawah (ARB). Penurunannya semakin mendekat angka Rp 50.

Saat harga saham GOTO masih mengalami ARB, dalam aplikasi IPOT Indopremier Sekuritas, pagi tadi sekitar pukul 10.03 WIB banyak investor yang ingin melepas saham GOTO. Sementara tidak ada sama sekali investor yang mau membeli saham GOTO.

Tercatat, volume saham yang ditawarkan (offer) paling banyak di harga Rp 87 dengan jumlah mencapai 85,62 juta lot. Jika dihitung maka total nilai penjualan saham yang antre di level itu mencapai Rp 744,9 miliar. Kemudian, total saham telah terjual sebanyak 1,9 juta lot dengan nilai transaksi Rp 16,8 miliar.

Antrean penjualan saham pun mengular. Total jumlah saham yang antre sampai pagi tadi sebanyak 96.964.351 lot saham (96,96 juta lot saham) di berbagai level harga.

Hitungannya, 1 lot saham sebanyak 100 saham, artinya yang antre total saham GOTO yang mau dijual oleh investor mencapai 9,69 miliar lembar saham.

Dalam pembukaan sekitar pukul 09.01 WIB tadi, sebanyak 80,37 juta saham GOTO sudah ditransaksikan. Nilai transaksinya mencapai Rp 6,99 miliar. Sementara, frekuensi transaksi mencapai 1.682 kali. Kapitalisasi pasar GOTO tercatat Rp 103,04 triliun.

Pekan lalu, saham GOTO telah mengalami penurunan paling bawah dalam sehari atau auto reject bawah (ARB). Setidaknya selama 7 kali berturut-turut mengalami ARB.

Potensi Saham GOTO Anjlok Sampai Gocap

Menurut Analis Kiwoom Sekuritas Indonesia, Abdul Azis saham GOTO masih ada potensi terjadi penurunan. Mengingat saat ini psikologis pasar ke sektor teknologi sedang tidak bagus.

Azis juga memproyeksi potensi penurunan saham GOTO ke level Rp 50 juga cukup besar. Apa lagi saat ini masih ada aksi jual saham yang terjadi.

"Potensi penurunan hingga Rp 50 memungkinkan ada mengingat masih besarnya aksi tekanan jual serta outlook yang masih negatif," tambahnya.

Dihubungi terpisah, Direktur Equator Swarna Capital Hans Kwee berpendapat hal yang berbeda. Dia menilai masih kecil kemungkinan saham GOTO jatuh ke level Rp 50. Karena menurutnya kondisi perusahaan masih kuat.

"Cuma ada dua player antara transportasi grab dengan GOTO. Untuk alat pembayaran sisa beberapa pemain? Untuk marketplace sisa beberapa pemain? Dan yang punya ekosistem paling banyak GOTO termasuk paling banyak ekosistemnya," ungkapnya.

(ada/das)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.