Note

Inflasi Tak Kunjung Mereda, Kepuasan Atas Kinerja BoE Merosot Tajam

· Views 26
Inflasi Tak Kunjung Mereda, Kepuasan Atas Kinerja BoE Merosot Tajam
Inflasi Tak Kunjung Mereda, Kepuasan Atas Kinerja BoE Merosot Tajam (foto: MNC Media)

IDXChannel - Bank Sentral Inggris (Bank of England/BoE) melakukan survei kepada masyarakat terkait ekspektasi atas kondisi inflasi di Inggris dalam satu hingga dua tahun ke depan.

Dalam survei tersebut, BoE juga menyelipkan persepsi dan tingkat kepuasan publik Inggris terhadap kinerja BoE dalam menekan laju inflasi yang terus melonjak secara signfikan dalam beberapa waktu terakhir.

Baca Juga:
BoE Akui Pasar Emas Inggris Telah Lampaui Batas

Sebagaimana dilansir Reuters, Jumat (9/12/2022) hasil survei menunjukkan bahwa masyarakat telah bersiap bahwa tren inflasi bakal terus meningkat dalam kurun waktu satu hingga dua tahun mendatang.

Tak hanya itu, masyarakat juga menyatakan ketidakpuasannya atas segenap upaya yang telah dilakukan BoE dalam memerangi tren kenaikan inflasi. Berdasar hasil survei, tingkat kepuasan masyarakat telah merosot cukup tajam.

Baca Juga:
Mantan Gubernur BoE Sebut Brexit Awal Mula Kehancuran Inggris

Pada inflasi konsumen inggris bisa mencapai level tertinggi 41 tahun, yaitu sebesar 11,1 persen pada Oktober, jauh melebihi, atau bahkan mencapai lima kali lipat dari target BoE sebesar dua persen saja.

Sementara, tingkat kepuasan publik terhadap kinerja BoE dalam mengendalikan inflasi, merosot menjadi -12. Posisi tersebut menjadi titik terendah sejak survei dimulai pada tahun 1999, di mana terjadi penurunan dari posisi -7 pada bulan Agustus.
 
Dalam waktu lima tahun, ekspektasi inflasi bakal naik jadi 3,3 persen pada bulan November, dari semula 3,1 persen, namun berada di bawah puncak dua setengah tahun di bulan Mei, sebesar 3,5 persen, dan tidak jauh di atas rata-rata jangka panjangnya sebesar 3,2 persen.

Baca Juga:
Ikut The Fed-ECB, BoE Juga Hawkish, Mau sampai Kapan?

Sedangkan ekspektasi inflasi tahun depan turun menjadi 4,8 persen dari rekor tertinggi bulan Agustus di level 4,9persen. Bahkan pada September, pemerintah Inggris mengumumkan langkah-langkah untuk membatasi kenaikan tagihan energi rumah tangga di masa mendatang.

Survei yang dilakukan BoE tersebut berlangsung dari tanggal 4 hinggal 7 November, atau tepat setelah BoE menaikkan suku bungganya sebesar 0,75 poin presentasi menjadi tiga persen. Pekan depan, BoE diperkirakan bakal kembali menaikkan suku bunganya setengah poin lagi menjadi 3,5 persen. (TSA)

Penulis: Mila Pertiwi

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.