Bengaluru (ANTARA) - Saham-saham Eropa melemah pada awal perdagangan Kamis, dengan perusahaan-perusahaan utilitas dan telekomunikasi memimpin penurunan di tengah meningkatnya kekhawatiran akan resesi yang akan datang.

Indeks STOXX 600 di seluruh wilayah tergelincir 0,1 persen pada pukul 08.15 GMT.

Indeks turun untuk sesi keempat berturut-turut pada Rabu (7/12/2022) di tengah meningkatnya kekhawatiran atas perlambatan pertumbuhan ekonomi menjelang keputusan suku bunga dari bank-bank sentral utama minggu depan.

Di antara sektor STOXX 600, telekomunikasi dan utilitas masing-masing turun sekitar 0,6 persen dan 0,5 persen, pada awal perdagangan.

Baca juga: Saham Eropa dibuka merosot terseret sektor keuangan dan energi

Saham real estat menguat 0,7 persen, sementara saham energi naik 0,3 persen karena harga minyak rebound setelah merosot ke level terendah sepanjang tahun ini di sesi sebelumnya di tengah optimisme atas pelonggaran tindakan anti-COVID China.

Ryanair mengatakan pada Rabu (7/12/2022) bahwa Kepala Eksekutif Grup Michael O'Leary telah setuju untuk memperpanjang kontraknya hingga 2028. Saham maskapai penerbangan terbesar Eropa itu terangkat 1,6 persen.

Pembuat mobil Prancis Renault merosot 1,3 persen, karena pembicaraan antara Renault dan Nissan Motor Co mengenai restrukturisasi aliansi pasti akan berlanjut hingga tahun depan, Bloomberg melaporkan pada Kamis.

British American Tobacco mengatakan pihaknya memperkirakan pertumbuhan pendapatan setahun penuh antara 2,0 persen dan 4,0 persen dengan nilai mata uang konstan, karena lebih banyak orang menggunakan rokok elektrik dan produk nikotin oral. Namun saham perusahaan tembakau itu merosot sekitar 2,0 persen.

Baca juga: Saham Asia ditutup menguat, terangkat ekuitas China dan Hong Kong



 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2022