Note

Rupiah Hari Ini Menguat Lagi, Asyik!

· Views 24
Rupiah Hari Ini Menguat Lagi, Asyik!

jpnn.com, JAKARTA - Kurs rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta hari ini, Senin (5/12) terus menguat.

Rupiah hari ini menguat seiring ekspektasi pelaku pasar bahwa bank sentral Amerika Serikat The Federal Reserve (The Fed) yang akan mengendurkan kenaikan suku bunga.

Mata uang garuda menguat 38 poin atau 0,25 persen ke posisi Rp 15.388 per USD dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp 15.426 per USD.

Baca Juga:
  • Buku Putih Rupiah Digital Disambut Baik Pedagang Kripto, Mantap

"Rupiah masih berpeluang menguat hari ini terhadap USD. Pasar masih mempercayai The Fed akan mengendurkan kenaikan suku bunga acuannya ke depan," kata pengamat pasar uang Ariston Tjendra saat dihubungi di Jakarta, Senin.

Ariston mengatakan banyak analis memperkirakan resesi akan melanda perekonomian AS di mana situasi itu akan mendorong The Fed untuk tidak memberlakukan kebijakan moneter yang sangat ketat.

Selain itu, sikap pemerintah China yang melonggarkan pembatasan aktivitas dalam penanganan pandemi COVID-19, membantu memberikan sentimen positif ke aset berisiko.

Baca Juga:
  • Rupiah Hari Ini Luar Biasa, Menanjak Lagi 137 Poin

"Kebijakan ini bisa mendukung pertumbuhan ekonomi China dan membantu perekonomian negara mitranya. Ini bisa mendukung penguatan nilai tukar rupiah terhadap USD hari ini," ujar Ariston.

Investor berharap langkah-langkah melonggarkan pembatasan pandemi di China pada akhirnya akan mencerahkan prospek pertumbuhan global dan permintaan komoditas.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.