Note

Rusia Dilaporkan Tembakkan Lebih dari 1.000 Roket dan Rudal ke Jaringan Listrik Ukraina

· Views 30
Penampakan salah satu rudal yang ditembakkan Rusia dalam sebuah kegiatan uji coba senjata (ilustrasi). (Foto: AP)

KIEV, iNews.id – Pasukan Rusia dilaporkan telah menembakkan lebih dari 1.000 roket dan rudal ke jaringan listrik Ukraina sampai hari ini. Namun, fasilitas pembangkit listrik Ukraina masih dapat berfungsi meski mengalami kerusakan besar. 

Kondisi itu terungkap lewat laporan kantor berita Interfax Ukraina, dengan mengutip seorang pejabat senior pada Rabu (7/12/2022).

Kepala Eksekutif Ukrenergo (operator jaringan listrik di Ukraina), Volodymyr Kudrytsky mengatakan, para pejabatnya mengunjungi beberapa negara untuk mencari peralatan rumit yang diperlukan untuk perbaikan jaringan listrik yang rusak. Hal tersebut dia ungkapkan pada pertemuan yang digelar oleh Bank Eropa untuk Rekonstruksi dan Pembangunan (EBRD), kemarin.

Delapan gelombang serangan udara oleh pasukan Moskow baru-baru ini terhadap infrastruktur penting telah merusak jaringan listrik Ukraina secara serius. Kerusakan itu menyebabkan pemadaman darurat dan terjadwal di seluruh negeri bekas Uni Soviet itu.

“Serangan ini merupakan pukulan terbesar bagi jaringan listrik yang pernah dilihat umat manusia. Lebih dari 1.000 peluru dan roket ditembakkan ke fasilitas dan saluran listrik, termasuk gardu induk,” kata Kudrytsky.

Ukraina saat ini mengalami kekurangan kapasitas pembangkit yang serius, meski konsumsi listrik turun antara 25 persen dan 30 persen dibandingkan dengan periode sebelum perang. “Sistemnya tetap berjalan, terintegrasi, tidak rusak, atau terputus,” kata Kudrytsky.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky kemudian mengatakan, negaranya berusaha meningkatkan pasokan listrik setiap hari. Akan tetapi, dia mencatat ada masalah di Kiev dan beberapa wilayah lainnya.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.