Note

Wakil Presiden Argentina Divonis 6 Tahun Penjara terkait Korupsi

· Views 25
Cristina Fernandez de Kirchner dijatuhi hukuman penjara 6 tahun atas tuduhan korupsi (Foto: Reuters)

BUENOS AIRES, iNews.id - Wakil Presiden Argentina Cristina Fernandez de Kirchner dijatuhi hukuman penjara 6 tahun atas tuduhan korupsi dalam sidang Selasa (6/12/2022). Cristina juga dilarang memegang jabatan publik seumur hidup.

Dalam sidang yang disiarkan langsung, hakim Pengadilan Federal 2 Kota Buenos Aires, memutus Cristina bersalah telah melakukan kejahatan penipuan administrasi sehingga merugikan publik. Ini merupakan kasus korupsi yang melibatkan pejabat paling tinggi di Argentina.

Perempuan yang pernah menjadi presiden Argentina pada periode 2007 hingga 2015 itu dituduh menerima suap dari proyek pekerjaan umum selama menjabat. Namun dia membantah tuduhan itu.

Cristina tak langsung dieksekusi ke penjara. Selain karena memiliki kekebalan hukum sebagai wapres, dia akan mengajukan banding atas putusan tersebut.

Proses banding bisa memakan waktu beberapa tahun melibatkan institusi pengadilan lebih tinggi. Selama belum ada putusan tetap atau inkracht, Cristina masih bisa mengikuti pemilu yang akan digelar tahun depan. Meski demikian dia menegaskan tak akan mengikuti pemilihan apa pun tahun depan.

Dalam tuntutannya, Jaksa menyebut kontrak proyek pekerjaan umum dimenangkan kepada rekan Cristina, Lazaro Baez. Cristina dan suami, mendiang Nestor Kirchner yang juga mantan presiden, mendapat imbalan. Baez juga dijatuhi hukuman penjara 6 tahun di hari yang sama.

Sementara itu pengacara Cristina menegaskan kliennya menjadi korban penganiayaan pengadilan.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.