Note

Petrokimia Gresik Kirim Bantuan 1.000 Paket Sembako untuk Korban Erupsi Gunung Semeru

· Views 17

GRESIK, KOMPAS.com - Membantu warga terdampak erupsi Gunung Semeru, Petrokimia Gresik menyalurkan sebanyak 1.000 paket sembako di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Adapun bantuan paket sembako telah diserahkan oleh staf Corporate Social Responsibility (CSR) Petrokimia Gresik, melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang, pada Senin (5/12/2022). Selanjutnya, diharap dilakukan distribusi kepada para warga korban terdampak erupsi Gunung Semeru.

Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo mengatakan, sesuai amanah yang telah disampaikan oleh Menteri BUMN Erick Thohir, Petrokimia Gresik sebagai bagian dari BUMN harus tanggap dengan kondisi yang terjadi di tengah masyarakat. Termasuk, bencana erupsi Gunung Semeru.

Baca juga: Erupsi Gunung Semeru, 3 Bandara Terdekat Beroperasi Normal

Adapun satu tahun lalu, pada tanggal 4 Desember 2021, erupsi Gunung Semeru sempat terjadi cukup dahsyat dengan mengakibatkan banyak korban jiwa. Di mana peristiwa tersebut, membawa trauma bagi masyarakat Lumajang.

“Masih kuat diingatan para korban,bagaimana bencana erupsi Gunung Semeru yang tahun lalu melanda. Mereka harus kehilangan keluarga, harta, bahkan harus rela untuk direlokasi, karena rumahnya tertimbun lahar. Kini bencana erupsi kembali melanda, semoga bencana ini tidak besar dan segera berakhir,” ujar Dwi Satriyo, dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (6/12/2022).

Bantuan paket sembako dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Petrokimia Gresik Peduli & Berbagi tersebut, diserahkan pada BPBD Lumajang di Pusat Posko Balai Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro, Lumajang, sekitar pukul 09.00 WIB. Dengan setiap paket sembako, berisi lima kilogram beras, satu kilogram gula, dan empat bungkus mi instan.

“Kami mendapat informasi dari BPBD Kabupaten Lumajang, ada sekitar 2.489 pengungsi tercatat pada Minggu (4/12/2022) sore. Mulai dari anak-anak, dewasa, hingga lanjut usia. Mereka tinggal di titik pengungsian fasilitas umum seperti sekolah, balai desa, kantor pemerintahan dan masjid. Semoga bantuan ini bermanfaat dan dapat mengurangi beban para korban,” kata Dwi Satriyo.

Baca juga: Ada Erupsi Semeru hingga Cuaca Ekstrem pada 2021, Panen Padi Terganggu, Produksi Beras Turun 0,14 Juta Ton

Menurut informasi yang diterima pihak Petrokimia Gresik, erupsi Gunung Semeru sempat kembali terjadi sejak Minggu (4/12/2022) dini hari, dengan Awan Panas Guguran (APG) turun hingga Minggu siang. Sementara sampai Senin (5/12/2022) siang, status Gunung Semeru ditetapkan masih berada di level IV atau Awas.

“Senin siang, sebagian pengungsi memang banyak yang kembali ke rumahnya, yang berada di zona hijau karena merasa aman. Kendati demikian, saya berharap mereka tetap waspada dan senantiasa taat dengan arahan BPBD, agar semua bisa selamat,” tutur Dwi Satriyo.

Dwi Satriyo menambahkan, Petrokimia Gresik yang telah ditunjuk sebagai Koordinator Satuan Tugas (Satgas) Tanggap Bencana Nasional BUMN Wilayah Jawa Timur, berkomitmen untuk senantiasa tanggap dengan kondisi apapun yang terjadi di wilayah Jawa Timur.

“Kami sebagai bagian dari BUMN harus peduli terhadap lingkungan sekitar, termasuk berkomitmen hadir di tengah masyarakat, seperti di tengah bencana masyarakat Lumajang. Semoga para korban diberikan kekuatan,” ucap Dwi Satriyo.

 Baca juga: Hunian Baru Korban Erupsi Semeru Bakal Dibangun Jadi Desa Modern

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.