Note

Ini Berbagai Fitur Canggih Digital Rupiah, Bisa Beli Rumah di Metaverse

· Views 20
Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo.

JAKARTA, iNews.id - Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo, memaparkan berbagai fitur canggih Digital Rupiah yang digarap melalui Proyek Garuda. Digital Rupiah adalah satu-satunya alat pembayaran digital yang sah di Indonesia. 

"Jadi, satu-satunya alat pembayaran digital yang sah di Indonesia adalah Digital Rupiah yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia," kata Perry dalam Talkshow Rangkaian BIRAMA: Meniti Jalan Menuju Rupiah Digital secara virtual di Jakarta, Senin (5/12/2022). 

Menurut dia, dengan dikeluarkannya Digital Rupiah, maka akan ada tiga alat pembayaran sah yang diakui Bank Indonesia, yaitu uang rupiah fisik, kartu debit/kredit berbasis rekening, dan Digital Rupiah.

"Sebagai alat pembayaran, ketiganya memiliki fungsi yang sama. Semuanya bisa menjadi alat pembayaran, hanya penggunaannya yang berbeda. Kalau yang uang fisik tidak bisa untuk transaksi di metaverse, tapi Digital Rupiah bisa beli barang secara digital, bahkan beli rumah di metaverse juga bisa. Ini dikembangkan untuk zaman now, dan juga untuk masa depan," ungkap Perry. 

Dia menjelaskan, di BI ada tim khusus untuk mengelola tiga alat pembayaran tersebut. Mereka merupakan orang terpilih yang bertanggung jawab terhadap kerahasiaan alat pembayaran yang dikeluarkan BI.

Perry mengungkapkan, ada 3 perbedaan Digital Rupiah dibandingkan wujud uang fisiknya: 

1. Semua fitur yang ada di uang Rupiah fisik, baik itu gambar pahlawan, dan yang lainnya ada di dalam Digital Rupiah. Hanya saja, di dalam Digital Rupiah, semua fitur ini telah terenkripsi, baik itu coding NKRI hingga fitur-fitur kekayaan Indonesia dalam bentuk digital. 

"Yang tahu enkripsinya cuma Bank Indonesia. Ini sudah encrypted semua, itu yang disebut Digital Rupiah, sehingga di Indonesia, ada tiga jenis alat pembayaran," ungkap Perry.

2. Fungsi dari Digital Rupiah pun sama dengan uang fisik, yaitu menjadi unit of account, sehingga nanti juga satu Digital Rupiah bisa untuk membeli barang beberapa unit, termasuk juga kalau antar negara. 

"Satu Digital Rupiah nanti kursnya berapa untuk Digital Dollar. Semuanya nanti dalam dunia digital," ungkap Perry.

3. Digital Rupiah juga bisa berfungsi sebagai store of value. Bisa ada di dalam rekening bank digital, bisa di dalam e-wallet atau wallet digital. Selama ini menggunakan uang elektronik yang dimasukkan ke bank, kalau Digital Rupiah, ada wallet digitalnya, nanti kedepannya akan ada. 

"Jadi kedepannya akan ada rekening kita biasa itu, dan juga ada rekening digital. Ada uang elektronik di e-wallet kita selama ini, tapi ada juga wallet yang digital," tutur Perry. 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.