Note

Mata Uang Asia Berhati-hati Menjelang Data Pekerja AS (NFP)

· Views 24

Sebagian besar mata uang Asia bergerak sedikit pada hari Jumat karena kehati-hatian muncul menjelang data gaji AS yang kemungkinan akan mempengaruhi kebijakan moneter, meskipun sinyal dovish dari Federal Reserve mendorong dolar ke level terendah tiga bulan.

Mata uang regional juga ditetapkan untuk kenaikan yang kuat minggu ini karena Federal Reserve menandai kenaikan suku bunga yang lebih kecil dalam beberapa bulan mendatang, sebuah skenario yang positif untuk aset yang digerakkan oleh risiko.

Yen Jepang naik 0,1%, dan merupakan mata uang Asia dengan kinerja terbaik minggu ini, naik hampir 3% pada level tertinggi tiga setengah bulan di 135,19 karena pulih lebih jauh dari level terendah 30 tahun.

Yuan China turun 0,2%, meskipun spekulasi bahwa China akan melonggarkan kebijakan anti-COVID yang ketat membuat mata uang itu naik 1,7% minggu ini.

Meningkatnya ketidakpuasan publik terhadap pembatasan anti-COVID di negara itu memicu gelombang protes yang belum pernah terjadi sebelumnya di negara itu minggu ini, yang juga membuat pemerintah melonggarkan beberapa tindakan karantina dan pergerakan di dua kota besar.

Data PMI yang lemah, yang menyoroti lebih banyak tekanan pada ekonomi China dalam beberapa bulan terakhir, juga membangkitkan harapan bahwa pemerintah akan dipaksa untuk melonggarkan kebijakan COVID-nya. Tetapi Beijing tidak memberikan pernyataan resmi tentang langkah tersebut.

Mata uang Asia yang lebih luas diredam pada hari Jumat. Won Korea Selatan naik 0,4% dan ditetapkan untuk menambah 2,6% minggu ini, sementara dolar Taiwan menuju kenaikan mingguan sebesar 1,3%.

Indeks dolar dan indeks dolar berjangka sama-sama bergerak sedikit pada hari Jumat, tetapi ditetapkan untuk turun 1,1% minggu ini, kerugian minggu kedua berturut-turut.

Fokus sekarang pada data nonfarm payrolls (NFP) AS yang akan dirilis hari ini, yang diharapkan menunjukkan bahwa pasar pekerjaan negara itu sedikit mendingin di bulan November. The Fed juga menargetkan pendinginan di pasar tenaga kerja sebagai bagian dari langkah-langkahnya terhadap inflasi tahun ini.

Tetapi Powell memperingatkan bahwa suku bunga AS dapat mencapai puncaknya pada tingkat yang lebih tinggi dari perkiraan, terutama jika inflasi tetap tinggi di negara tersebut.

Data inflasi PCE , yang merupakan pengukur tekanan harga yang disukai Fed, stabil pada tingkat tahunan 6% di bulan Oktober, data menunjukkan pada hari Kamis, tetap jauh di atas target Fed 2%.

Di Asia Tenggara, baht Thailand adalah pemain terbaik minggu ini dengan kenaikan 2,6% menyusul kenaikan suku bunga dan lebih banyak sinyal hawkish dari bank sentral negara itu.

Rupiah Indonesia melonjak 0,8% dan merupakan kinerja terbaik pada hari Jumat setelah pembacaan inflasi yang kuat untuk November menunjukkan bahwa bank sentral akan terus menaikkan suku bunga.

Mata Uang Asia Berhati-hati Menjelang Data Pekerja AS (NFP)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.