Note

Tiga Faktor yang Pengaruhi Window Dressing di Akhir 2022

· Views 56
Tiga Faktor yang Pengaruhi Window Dressing di Akhir 2022
Tiga Faktor yang Pengaruhi Window Dressing di Akhir 2022. Foto: MNC Media.

IDXChannel - Pengamat pasar modal, Oktavianus Audi, mengatakan terdapat tiga hal yang akan mempengaruhi window dressing di akhir tahun ini. 

Adapun window dressing dilakukan oleh manajer investasi dan perusahaan terbuka (emiten) untuk mempercantik tampilan portofolio atau performa laporan keuangannya. 

Baca Juga:
Tutup November, Transaksi Harian Bursa Jumbo Rp26,5 T, Sambut Window Dressing?

Melansir MNC Sekuritas, fenomena window dressing biasanya terjadi pada akhir kuartal saat perusahaan-perusahaan merilis laporan keuangan kuartalan, tepatnya pada bulan Maret, Juni, September dan Desember. 

Namun, dampak window dressing justru akan terasa pada bulan-bulan setelahnya, yaitu April, Juli, Oktober dan Januari. 

Baca Juga:
Selamat Datang Desember, IHSG Berharap Tuah Window Dressing

Audi mengatakan laporan keuangan kuartal ke IV atau full year menjadi salah satu hal yang memengaruhi window dressing. 

Audi membuktikan hal tersebut melalui sisi perbankan yang terus mencetak rekor positif.

Baca Juga:
Jelang Window Dressing, Pilah-pilih Saham dengan Prospek Menarik

"Kita lihat dari sisi perbankan, perbankan kredit semua bagus, Mandiri cetak rekor, BRI juga cetak rekor, artinya kredit juga masih cukup bagus, motor ekonomi juga masih berjalan dengan baik, lalu yang bisa kita liat lagi adalah (ini dari sisi laporan keuangan)," jelasnya dalam IG Live IDXChannel bertajuk 'Jelang Window Dressing, Saham Sektor Apa yang Cuan?', Kamis (1/12/2022).

Lalu, sentimen yang kedua adalah dari sisi makro ekonomi Indonesia. Audi menjelaskan kondisi perekonomian makro Indonesia menjadi sentimen yang dapat mempengaruhi window dressing dengan pertumbuhan PDB di atas 5%.

Halaman : 1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.