Note

Pergerakan Harga Emas Hari Ini, Pasar Menanti Pidato Ketua The Fed

· Views 32

Bisnis.com, JAKARTA – Harga emas acuan global hari ini berpotensi naik ditopang oleh sentimen melemahnya dolar AS.

Tim analis Monex Invetindo Future menilai, dolar AS berpeluang melemah di tengah prospek kebijakan moneter The Fed yang tidak seagresif sebelumnya pada masa mendatang. Selain itu, meredanya kekhawatiran pasar terhadap penyebaran virus Covid di Tiongkok juga dapat menopang harga emas.

“Harga emas hari ini berpeluang dibeli untuk menguji level resistance US$1.754 per troy ounce selama harga bertahan di atas level support US$1.746 per troy ounce,” tulis Monex, Rabu (30/11/2022).

Kendati demikian, lanjut Monex, jika harga emas mengalami penurunan lebih rendah dari level support tersebut, maka dapat memicu aksi jual terhadap harga emas sehingga menguji level support selanjutnya di US$1.743 per troy ounce.

Mengutip Bloomberg, Ketua Federal Reserve Jerome Powell diharapkan memperkuat ekspektasi Fed untuk memperlambat laju kenaikan suku bunga pada bulan depan, sambil mengingatkan penduduk Amerika bahwa perjuangan Bank Sentral melawan inflasi akan berlangsung hingga 2023. Powell dijadwalkan berpidato pada Rabu waktu setempat.

Beberapa pembuat kebijakan The Fed menekankan minggu ini mereka akan menaikkan biaya pinjaman lebih lanjut, dengan seorang pejabat kunci mengatakan bahwa dia melihat kenaikan suku bunga menuju level yang agak lebih tinggi dari yang dia perkirakan.

Sementara dari China, protes masyarakat di negara itu mereda setelah pemerintah menurunkan pasukan polisinya. Protes masyarakat juga berujung pada pelonggaran kebijakan lockdown di sejumlah wilayah.

China juga merespons protes ini dengan mendorong program vaksinasi untuk masyarakat lanjut usia. Sentimen ini mendorong spekulasi pasar bahwa kebijakan zero covid di negara tersebut akan mulai dilonggarkan.

Untuk mencermati dinamika harga emas global, mari saksikan secara live di sini.

Sumber : Bloomberg

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.