Note

Yen Menguat Sebelum Pidato Powell, Aussie Melonjak

· Views 25

Greenback melemah terhadap yen Jepang pada hari Selasa dengan ketua Federal Reserve Jerome Powell akan berbicara pada hari Rabu, sementara dolar Australia melonjak karena sentimen membaik di tengah harapan bahwa China akan dibuka kembali dari penutupan COVID.

Komentar Powell akan dievaluasi untuk tanda-tanda baru hawkish, dengan data pekerjaan utama untuk November akan dirilis pada hari Jumat.

Indeks dolar telah jatuh ke 106,82 dari tertinggi 20 tahun di 114,78 pada 28 September karena investor melihat ke arah bank sentral AS mencapai tingkat puncak awal tahun depan dengan tekanan inflasi diperkirakan mereda.

“Kami memiliki pembalikan dolar yang cukup besar sejak laporan CPI Oktober, jadi itu mungkin gejala pengetatan Fed memudar sebagai kekuatan dukungan dolar karena pasar semakin mencari kebijakan puncak Fed awal tahun depan,” kata Vassili Serebriakov, ahli strategi FX di UBS di New York.

Bank sentral AS diperkirakan akan menaikkan suku bunga dengan tambahan 50 basis poin ketika bertemu pada 13-14 Desember, meskipun kemungkinan kenaikan 75 basis poin telah meningkat selama beberapa minggu terakhir dan sekarang berdiri di 37% kemungkinan.

Pedagang memperkirakan suku bunga dana Fed akan mencapai puncaknya pada 5,01% pada bulan Juni, sebelum jatuh kembali ke 4,64% pada Desember 2023.

Euro turun 0,15% terhadap mata uang AS menjadi $1,0324. Greenback merosot 0,15% menjadi 138,69 yen Jepang.

Pergerakan dalam dolar/yen sangat berkorelasi dengan kebijakan suku bunga AS dan mata uang Jepang telah diuntungkan karena investor mengurangi ekspektasi untuk kenaikan suku bunga AS yang agresif lebih lanjut.

Data pada hari Selasa menunjukkan bahwa kepercayaan konsumen AS merosot ke level terendah dalam empat bulan di bulan November, dengan rumah tangga yang kurang tertarik untuk membelanjakan barang-barang besar selama enam bulan ke depan di tengah inflasi yang tinggi dan kenaikan biaya pinjaman.

Sebuah laporan terpisah pada hari Selasa menunjukkan indeks harga rumah nasional S&P CoreLogic Case-Shiller naik 10,6% pada basis tahun ke tahun pada bulan September, melambat dari kenaikan Agustus sebesar 12,9%.

Aussie melonjak setelah pejabat kesehatan mengatakan bahwa China akan mempercepat vaksinasi COVID-19 untuk orang lanjut usia, yang bertujuan untuk mengatasi hambatan utama dalam upaya meringankan pembatasan “nol-COVID” yang tidak populer.

Selera risiko memburuk pada hari Senin setelah pengunjuk rasa dan polisi bentrok karena pembatasan COVID yang ketat.

Pihak berwenang China telah mulai menyelidiki beberapa orang yang berkumpul pada protes akhir pekan karena polisi tetap berada di jalan-jalan kota.

Dolar Australia yang sensitif terhadap risiko, yang sangat terkait dengan pertumbuhan Tiongkok, naik 0,46% menjadi $0,6684.

Yuan lepas pantai juga naik terhadap dolar menjadi 7,1445.

Data inflasi zona euro yang akan dirilis pada hari Rabu juga menjadi fokus setelah angka menunjukkan inflasi di Spanyol dan Jerman berada di bawah ekspektasi.

Presiden Bank Sentral Eropa Christine Lagarde mengatakan pada hari Senin inflasi zona euro belum mencapai puncaknya dan berisiko menjadi lebih tinggi dari yang diperkirakan saat ini, mengisyaratkan serangkaian kenaikan suku bunga ke depan.

Yen Menguat Sebelum Pidato Powell, Aussie Melonjak

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.