Note

BLT BBM Tahap II Segera Cair, Simak Cara Cek Daftar Penerimanya

· Views 23

JAKARTA, KOMPAS.com- Pemerintah akan kembali menyalurkan bantuan langsung tunai bahan bakar minyak (BLT BBM) sebesar Rp 6,19 triliun pada Desember 2022. Bantuan ini diberikan sebagai bantalan atas kenaikan BBM untuk mempertahankan daya beli masyarakat.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan hingga Oktober 2022, penyaluran BLT BBM baru mencapai Rp 6,21 triliun atau baru separuhnya dari total anggaran sebesar Rp 12,40 triliun.

“Ini karena memang Kementerian Sosial sengaja membayarkan separuh dulu dan nanti separuh lagi akan dibayarkan pada bulan Desember ini,” ujar Sri Mulyani Indrawati dikutip dari Kontan.id.

Baca juga: OJK Catat Aset Industri Keuangan Non Bank Tembus Rp 3.026 Triliun, Tumbuh 8,55 Persen

Sri Mulyani mengatakan, penyaluran BLT BBM ini akan sepenuhnya direalisasikan 100 persen kepada masyarakat dan akan selesai pada akhir Desember nanti.

Ia berharap bantuan ini akan bermanfaat kepada masyarakat menjelang akhir tahun, utamanya untuk kelompok masyarakat rentan.

Untuk diketahui, penyaluran BLT BBM ini menyasar kepada 20,65 juta keluarga penerima manfaat (KPM) dengan nilai bantuan Rp 150.000 per bulan. Penyalurannya dilakukan dua tahap, sebesar Rp 300.000 per KPM melalui PT Pos Indonesia.

Baca juga: IHSG Melemah, Saham GOTO Sentuh Level Terendah

Adapun daftar penerima BLT BBM 2022 ini mengacu pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) milik Kementerian Sosial (Kemensos). Data ini terbuka bagi seluruh masyarakat dan dapat diakses secara online.

Cara cek penerima BLT BBM 2022

Dikutip dari pemberitaan Kompas.com sebelumnya, langkah-langkah pengecekan penerima bansos BLT BBM dapat dilakukan secara online melalui laman cekbansos.kemensos.go.id dan aplikasi Cek Bansos. Berikut caranya:

1. Laman cekbansos.kemensos.go.id

  • Akses laman https://cekbansos.kemensos.go.... 
  • Masukkan data wilayah penerima manfaat yang terdiri dari provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, desa, nama penerima manfaat sesuai KTP, dan ketikkan 8 huruf kode captcha yang tersedia
  • Pastikan data yang dimasukkan telah benar, lalu klik tombol “Cari Data”.

Baca juga: Lowongan Kerja KAI Services untuk Lulusan SMA, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

2. Aplikasi Cek Bansos Kemensos

Sementara itu, cara cek penerima BLT BBM tahun 2022 melalui aplikasi Cek Bansos adalah sebagai berikut:

  • Unduh aplikasi Cek Bansos
  • Untuk mengakses daftar penerima manfaat BLT BBM, Anda harus memiliki akun yang bisa dibuat dengan klik tombol “Buat Akun”
  • Isikan informasi sesuai data kependudukan lantaran akan dipadankan dengan data dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil), termasuk mengunggah foto KTP
  • Verifikasi akun menggunakan kode OTP yang dikirimkan melalui alamat email
  • Selanjutnya, login atau masuk ke aplikasi Cek Bansos menggunakan akun yang telah terdaftar
  • Klik Menu “Cek Bansos”, lalu masukkan data wilayah berupa provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, kelurahan/desa, dan nama sesuai KTP
  • Setelah memastikan data yang diinputkan benar, klik tombol “Cari Data”.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.