Note

KRAS Tambah Kepemilikan Saham KRAS di PT Krakatau Posco jadi 50 Persen

· Views 26
KRAS Tambah Kepemilikan Saham KRAS di PT Krakatau Posco jadi 50 Persen
KRAS Tambah Kepemilikan Saham KRAS di PT Krakatau Posco jadi 50 Persen (foto: MNC Media)

IDXChannel - PT Krakatau Steel Tbk (KRAS) secara resmi mengumumkan aksi korporasinya berupa penambahan kepemilikan saham di salah satu anak usahanya, yaitu PT Krakatau Posco, yang merupakan perusahaan patungan (joint venture/JV) milik KRAS bersama Posco Holdings Inc, Korea Selatan.

“Dengan ditandatanganinya akta inbreng, kepemilikan saham Krakatau Steel di Krakatau Posco saat ini menjadi 50 persen, meningkat dari sebelumnya 30 persen. Proses ini dimulai pada tahun 2016 ketika ditandatangani Minutes of Agreement antara Krakatau Steel dan Krakatau Posco,” ujar Direktur Utama KRAS, Silmy Karim, dalam keterangan resminya, Senin (28/11/2022).

Baca Juga:
Krakatau Steel (KRAS) Peroleh Laba Rp1,28 Triliun di Kuartal III 2022

Menurut Silmy, Posco selama ini dikenal sebagai perusahaan baja paling efisien di dunia. Karenanya, dengan adanya peningkatan jumlah kepemilikan di Krakatau Posco, maka kinerja KRAS diharapkan dapat semakin membaik, khususnya dalam hal proses produksi.

"Karena Krakatau Steel akan menyinergikan keunggulan Krakatau Steel dan Posco dalam setiap tahapan proses produksi," tutur Silmy.

Baca Juga:
Krakatau Steel Lunasi Utang Rp3,3 Triliun ke Bank Jerman

Pada saat yang sama, disampaikan juga bahwa kinerja PT Krakatau Posco di sepanjang 2021 mencatatkan laba USD415 juta, atau setara dengan Rp6,5 triliun. Laba tersebut didapat dari catatan pendapatan yang sebesar USD2,35 miliar, atau setara dengan Rp36,8 triliun.

EBITDA PT Krakatau Posco di tahun 2021 mencapai USD695 juta atau setara dengan Rp10,8 triliun.

Baca Juga:
Operasikan Kembali Pabrik Blast Furnace, Krakatau Steel (KRAS) Gandeng Baowu Group

"Penambahan saham di PT Krakatau Posco adalah bagian dari upaya mewujudkan rencana-rencana strategis perusahaan, seperti peningkatan kapasitas menjadi 10 juta ton per tahun dan juga pengembangan produk hilir seperti baja untuk otomotif serta produk baja berkualitas tinggi lainnya," ungkap Silmy.

Ditambahkannya, peningkatan saham KRAS di Krakatau Posco juga akan memberikan nilai tambah bagi perusahaan dalam upaya kami untuk menjadi market leader produk baja di Indonesia, serta dalam usaha memperkuat pasar ekspor.

Saat ini Krakatau Posco memiliki kapasitas produksi 3,2 juta ton yang merupakan pabrik baja terintegrasi terdiri dari Iron and Steel Making Plant, Plate Rolling Mill, dan Hot Rolling Plant. (TSA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.