Note

Fakta-Fakta Penting Asuransi, Sering Dipandang Sebelah Mata!

· Views 40

Jakarta, IDN Times – Asuransi sering kali dipandang sebelah mata dan dianggap kurang penting dibandingkan kebutuhan pokok lainnya. Padahal, asuransi merupakan sebuah langkah perlindungan ekstra dari hal-hal yang tidak diinginkan bisa terjadi di mana saja dan kapan saja.

Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di masa yang akan datang. Dengan, memiliki asuransi akan memberikan perlindungan ketika kita mengalami risiko di kemudian hari.

Berdasarkan jenis asuransi yang dipilih tentu, kita kan mendapatkan manfaat perlindungan yang berbeda pula. Berikut fakta-fakta sejumlah jenis asuransi yang paling banyak dibutuhkan dan dipilih, dilansir dari Duitpintar.com.

Baca Juga: Galau Pilih Asuransi Jiwa atau Asuransi Kesehatan? Ini Jawabannya

1. Asuransi kesehatan

Fakta-Fakta Penting Asuransi, Sering Dipandang Sebelah Mata!ilustrasi asuransi (IDN Times/Aditya Pratama)

Asuransi kesehatan adalah asuransi yang memberikan manfaat berupa jaminan pergantian biaya pengobatan atau perawatan rumah sakit. Asuransi akan mengganti sebagian atau seluruh biaya yang dikeluarkan untuk pengobatan selama dirumah sakit.

Kebanyakan perusahaan asuransi melakukan kerja sama dengan berbagai rumah sakit agar proses klaim asuransi bisa di proses dengan mudah dan cepat. Berbagai manfaat yang bisa kamu dapatkan, akan tertera di dalam polis asuransi kesehatan masing-masing perusahaan.

Beberapa manfaat utama tanggungan asuransi kesehatan:

  • Menanggung biaya rawat inap dan rawat jalan di rumah sakit.
  • Menanggung biaya pembedahan dan persalinan.
  • Menanggung biaya perawatan gigi dan periksa mata.

Baca Juga: 13 Istilah dalam Asuransi yang Penting Dikenali, Apa Saja?

2. Asuransi jiwa

Fakta-Fakta Penting Asuransi, Sering Dipandang Sebelah Mata!Ilustrasi Asuransi (IDN Times/Aditya Pratama)

Asuransi jiwa merupakan jenis asuransi yang memberikan santunan tunai jika pengguna meninggal dunia akibat sakit, kecelakaan dan risiko lain yang tidak disengaja. Dengan asuransi jiwa, risiko pengeluaran mendadak yang besar dapat dialihkan mengjadi pengeluaran premi rutin, sehingga keuangan lebih terkontrol.

Tak hanya perseorangan, asuransi jiwa juga dapat melindungi dan bermanfaat anggota keluarga. Jika hal yang buruk terjadi kepala keluarga, maka kelangsungan hidup keluarga yang akan terancam.

Dengan memiliki asuransi jiwa, keluarga pun akan mendapatkan manfaat mulai dari memberi rasa aman hingga melindungi ahli waris dari beban finansial.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Membutuhkan Asuransi, Jangan Disepelekan!

3. Asuransi mobil

Fakta-Fakta Penting Asuransi, Sering Dipandang Sebelah Mata!Ilustrasi asuransi mobil (Duitpintar)

Bagi sekian orang, memiliki kendaraan beroda empat atau mobil menjadi sebuah kebutuhan, untuk melindunginya dapat menggunakan asuransi mobil. Asuransi mobil merupakan perlindungan yang memberikan ganti rugi secara finansial saat memperbaiki kerusakan mobil.

Kerusakan yang dimaksud bisa akibat kecelakaan atau bencana alam seperti banjir. Asuransi juga dapat memberikan manfaat saat terjadi kehilangan mobil akibat dicuri. Beberapa asuransi khusus mobil memberikan semua perlindungan tersebut dengan sejumlah catatan khusus yang tercantum di dalam polis.

Adapula asuransi yang menawarkan perlindungan lebih spesifik, seperti asuransi total loss only (TLO). Jenis ini hanya melindungi mobil dari risiko kehilangan akibat dicuri orang. Sementara asuransi mobil all risk atau comprehensive memberikan perlindungan secara menyeluruh, mencakup kerusakan akibat kecelakaan, aksi kerusuhan, bencana alam, dan risiko kehilangan.

Baca Artikel Selengkapnya

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.