Note

Upah Minimum 2023 Naik, Bagaimana Rumus Perhitungannya?

· Views 16

KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) telah resmi menetapkan kenaikan upah minimum tahun 2023. Perhitungan upah minimum ini mempertimbangkan berbagai hal seperti pertumbuhan ekonomi, inflasi, dan indeks tertentu.

Perlu diketahui, upah minimum terbaru akan berlaku mulai 1 Januari 2023, dengan penetapan atas penyesuaian nilai upah minimum tidak boleh lebih dari 10 persen.

Keputusan ini tertuang dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Nomor 18 Tahun 2022 tentang Penetapan Upah Minimum Tahun 2023.

Disadur dari akun resmi Indonesia Baik, upah minimum terdiri atas upah minimum provinsi dan upah minimum kabupaten/kota.

Upah minimum provinsi (UMP) tahun 2023 akan ditetapkan dan diumumkan paling lambat pada 28 November mendatang. Sedangkan upah minimum kabupaten/kota tahun 2023 ditetapkan dan diumumkan paling lambat 7 Desember 2022.

Baca juga: 5 Tips Mengatur Gaji Biar Tak Cuma Numpang Lewat

Perhitungan upah minimum tahun 2023

Rumus formula hitung penetapan upah minimum bagi daerah yang telah memiliki upah minimum adalah UM (t+1) = UM(t) + (Penyesuaian nilai UM x UM(t)), dengan keterangan sebagai berikut:

  • UM (t+1): Upah minimum yang akan ditetapkan
  • UM (T): Upah minimum tahun berjalan
  • Penyesuaian nilai UM: Penyesuaian upah minimum yang merupakan penjumlahan antara inflasi dengan perkalian pertumbuhan ekonomi dan α.

Lebih lanjut, penyesuaian nilai upah minimum dalam formula di atas dihitung dengan rumus berikut: Penyesuaian nilai UM = Inflasi + (PE x α), dengan keterangan sebagai berikut:

  • Penyesuaian nilai UM: Penyesuaian nilai upah minimum yang merupakan penjumlahan antara inflasi dengan perkalian pertumbuhan ekonomi dan a.
  • Inflasi: Inflasi provinsi yang dihitung dari periode September tahun sebelumnya sampai dengan periode September tahun berjalan (dalam persen)
  • PE: Pertumbuhan ekonomi
  • α: Wujud indeks tertentu yang menggambarkan kontribusi tenaga kerja terhadap pertumbuhan ekonomi dengan nilai tertentu dalam rentang tertentu antara 0,10-0,30. 

Adapun penetapan nilai α ini harus mempertimbangkan produktivitas dan perluasan kesempatan kerja.

Baca juga: Hadapi Ancaman Resesi, Simak Tips Pengelolaan Keuangan dan Investasi

Mengenal upah minimum

Merujuk Peraturan Menaker Nomor 18 Tahun 2022, upah minimum adalah upah bulanan terendah yang ditetapkan oleh gubernur sebagai jaring pengaman.

Upah minimum terdiri atas upah tanpa tunjangan atau upah pokok dan tunjangan tetap.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.