Note

Pemerintah Akan Bangun Kembali atau Berikan Dana Rp 50 Juta untuk Rumah Korban Gempa Cianjur

· Views 21

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah telah menyiapkan penanganan yang berbeda untuk rumah korban gempa Cianjur, Jawa Barat tergantung tingkat kerusakan masing-masing rumah.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, untuk rumah yang memiliki kerusakan berat atau runtuh akan dibangun baru oleh Kementerian PUPR.

Pembangunan rumah ini akan dilakukan dengan standar bangunan tahan gempa, yaitu dengan konsep Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA).

Baca juga: Imbas Gempa Cianjur, Sejumlah Kantor Aset Negara Alami Kerusakan

Namun untuk memulai pembangunan rumah korban gempa Cianjur ini tergantung pada pemerintah daerah Jawa Barat yang bertugas menyiapkan lahan untuk relokasi.

"Kalau yang rusak berat, runtuh, yang harus relokasi itu harus dibangun baru. Kalau dibangun baru dengan standar tahan gempa dari PUPR. Itu perintah presiden," ujarnya kepada wartawan di Jakarta International Expo, Rabu (23/11/2022).

Sementara untuk rumah yang tingkat kerusakannya ringan sampai sedang, pemerintah akan memberikan dana bantuan kepada korban untuk perbaikan rumah melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Adapun dana yang diberikan kepada korban gempa Cianjur ini maksimal Rp 50 juta per rumah tergantung tingkat kerusakan.

"Jadi itu ada SOP-nya gitu. Kalau dia cuma retak-retak, bisa diperbaiki sendiri, yang orang ngungsi di sebelah rumahnya itu diberikan stimulan yang tugasnya BNPB," jelasnya.

Baca juga: Kemenko Marves Serahkan Bantuan Alat Kesehatan dan Obat-obatan untuk Korban Gempa Cianjur

Dia mengungkapkan, berdasarkan laporan Direktur Jenderal Perumahan Iwan Suprijant, di lokasi gempa Cianjur tercatat ada 2.272 unit rumah yang mengalami kerusakan akibat gempa.

Dari data ini, Kementerian PUPR akan mengklasifikasikan tingkat kerusakan rumah korban gempa agar dapat diketahui berapa jumlah rumah yang rusak sedang dan rusak berat.

"Katanya 2.272 rumah rusak, nah itu diverifikasi mana yang harus dibangun oleh PU dan mana yang tadi SOPnya (diberikan dana perbaikan)," ucapnya.

Baca juga: Kawasan Puncak Bogor Longsor akibat Gempa Cianjur, Kementerian PUPR Kirim Alat Berat

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.