Note

Pemerintah Pastikan Ada Anggaran Untuk Korban Gempa Cianjur

· Views 35
Pasardana.id - Menteri Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan ada anggaran yang sudah di-standby-kan untuk membantu korban gempa bumi.

Anggaran siap pakai itu berasal dari Pemerintah Kabupaten Cianjur sebesar Rp 5 miliar dan dari Pemerintah Provinsi sebesar Rp 20 miliar. Jika nanti ada kekurangan makan akan akan disiapkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Untuk bantuan dana disepakati ada dana siap pakai yang digunakan dari Pemkab itu sebesar Rp 5 M dan Pemprov Rp 20 M, sedangkan sisa dana elastisitasnya, dana yang dibutuhkan di luar itu nanti akan di support dari BNPB," kata Muhadjir saat menggelar konperensi pers Selasa (22/11).

Gempa bumi yang menerjang Kabupaten Cianjur pada Senin (21/11) menyebabkan ribuan rumah dan fasilitas publik rusak parah. Hingga kini tercatat 2.345 unit rumah rusak berat, dan korban meninggal dunia 162 orang.

Sementara itu Kepala BNPB Letjen Suharyanto menambahkan masyarakat tak perlu khawatir terkait bangunan rumahnya yang rusak akibat gempa. Dia mengatakan, pemerintah akan memperbaiki rumah-rumah rusak berat tersebut.

"Bagi masyarakat yang rumahnya rusak berat ya, itu nanti akan diganti oleh pemerintah. Jadi setelah selesai masuk ke tahap membangun rumah-rumah masyarakat yang rusak berat," kata Suharyanto.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.