Note

Usai Akuisisi, Grup Modalku Luncurkan Modalku Finance

· Views 44

Jakarta,IDN Times – Grup Modalku yang dimiliki oleh PT Mitra usaha Indonesia Grup mengakuisisi PT Buana Sejahtera Multidana yang merupakan perusahaan pembiayaan multiguna sejak 2012. Aksi korporasi ini, diakui sebagai upaya untuk memperluas dan mengoptimalkan solusi pembiayaan pertumbuhan bisnis UKM di Indonesia. 

Setelah resmi diakuisisi, perusahaan tersebut secara resmi berganti nama PT Modalku Finansial Indonesia atau Modalku Finance. 

President Director Modalku Finance, Steven Gunawan mengatakan Grup Modalku sudah lama ingin terjun ke industri multifinance. Meski sempat mengalami tren penurunan pada masa pandemik COVID-19, namun memasuki 2022, OJK mencatatkan nilai outstanding piutang pembiayaan multifinance Agustus 2022 meningkat 8,57 persen menjadi Rp389,54 triliun.

"Terima kasih kepada OJK dan seluruh pemangku kepentingan yang membantu segala proses yang dilalui Modalku dalam memasuki industri multifinance. Grup usaha Modalku telah sejak lama berangan-angan untuk masuk dalam ke industri multifinance," ujar Steven dalam peluncuran Modalku Finance di Jakarta, Selasa (22/11/2022). 

Baca Juga: Modalku Kucurkan Pinjaman Rp7,2 T sepanjang Semester I-2022

1. Kebutuhan dan ekpetasi konsumen semakin beragam

Usai Akuisisi, Grup Modalku Luncurkan Modalku FinanceGrand Launching Modalku Finance (IDN Times/Raihan Ali)

Sejak didirikan, Modalku medukung pasar UMKM di wilayah Jabodetabek. Mulai Januari 2017, Modalku telah melayani Bandung dan sejak Mei 2017 memperluas jarigan bisnisnya ke Surabaya. Selain itu, pada 2022, Modalku memperluas jangkauannya hingga Makassar.

Hingga saat ini, Grup Modalku telah menyalurkan modal usaha sebesar Rp40,42 triliun kepada lebih dari 5,1 juta jumlah transaksi pendanaan UMKM di Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand dan Vietnam.

Co-Founder Modalku, Reynold Wijaya mengatakan seiring berjalannya waktu, kebutuhan serta ekspektasi konsumen terhadap akses pendanaan semakin beragam. Oleh karena itu, dia mengharapkan pihaknya dapat menjangkau aksebilitas pasar yang lebih luas.

“Melalui Modalku Finance, harapannya kami dapat menjangkau aksesibilitas pasar yang lebih luas dengan menghadirkan berbagai produk yang lebih variatif dengan limit modal usaha yang lebih tinggi," ujarnya.

Tak hanya itu, dia berharap Modalku Finance dapat menjadi opsi pendanaan yang lebih banyak, seperti dari bank, pinjaman luar negeri, penerbitan surat utang jangka menengah ataupun obligasi.

Baca Juga: Modalku Gandeng Linkz Asia Tingkatkan Pendanaan untuk UMKM

2. Industri multifinance mengalami penurunan selama pandemik

Usai Akuisisi, Grup Modalku Luncurkan Modalku FinanceGrand Launching Modalku Finance (IDN Times/Raihan Ali)

President Director Modalku Finance, Steven Gunawan, mengatakan pihaknya berharap hadirnya Modalku Finance dapat menghadirkan solusi pembiayaan sektor produktif.

"Berupa produk yang dapat berguna untuk membiayai aktivitas permodalan bagi perusahaan untuk membeli bahan baku, pembiayaan piutang usaha, serta peningkatan kapasitas produksi usaha," lanjutnya. 

Steven menambahkan kriteria UKM yang dapat  memanfaatkan pembiayaan yan disediakan adalah UKM yang berbadan hukum (PT/CV) dan aktif dalam menjalankan usaha secara komersial selama dua tahun terakhir.

Baca Juga: Modalku Bagikan Pendanaan kepada 4 Ribu Merchant Shopee 

3. Beragam fungsi pembiayaan yang ditawarkan Modalku Finance

Usai Akuisisi, Grup Modalku Luncurkan Modalku FinanceGrand Launching Modalku Finance (IDN Times/Raihan Ali)

Modalku Finance menawarkan berbagai fungsi pembiayaan, mulai dari Pembiayaan Modal Kerja, Pembiayaan Investasi dan Pembiayaan Multiguna. Pembiayaan Modal Kerja dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan pengeluaran yang habis dalam satu siklus aktivitas usaha.

Pembiayaan Investasi merupakan pembiayaan barang modal dan jasa yang diperlukan untuk usaha atau investasi, rehabilitasi, modernisasi, ekspansi atau relokasi tempat usaha atau investasi. Sedangkan Pembiayaan Multiguna, digunakan untuk keperluan konsumtif dan bukan untuk keperluan usaha.

Nominal yang ditawarkan untuk pembiayaan modal kerja dan investasi mulai dari Rp500 juta hingga Rp25 miliar dengan tenor pinjaman bervariasi hingga 12 bulan. Sedangkan bagi pembiayaan multiguna, dimulai dari Rp50 juta dengan tenor yang bervariasi.

Skema pembayarannya, pembayaran pokok dilakukan sekaligus pada akhir tenor atau diangsur perbulan sesuai piliha produk dengan bunga 1 persen perbulan dengan waktu proses yang cepat.

Hingga saat ini Grup Modalku telah menyalurkan modal usaha sebesar RP40,42 triliun kepada lebih dari 5,1 juta jumlah transaksi pendanaan UMKM di Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand dan Vietnam.

Baca Artikel Selengkapnya

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.