Note

Tips Antiboncos Pakai E-Wallet, biar Gak Kaget Lihat Transaksinya!

· Views 28

Jakarta, IDN Times - Kehadiran dompet elektronik (e-wallet) makin mempermudah masyarakat untuk bertransaksi. Tanpa membawa uang tunai (cash), kamu tetap bisa berbelanja kebutuhan.

Namun, kehadiran e-wallet juga bisa memberi dampak negatif bagi orang-orang yang tak mengontrol pengeluarannya. Mudahnya bertransaksi hanya dengan memindai (scan) QR Code dari e-wallet tak jarang membuat seseorang jadi boros.

Nah, agar kamu tak terkejut saat melihat rekam jejak transaksi di e-wallet, kamu bisa menjajal tips berikut ini.

Baca Juga: 10 Aplikasi Pengubah Pulsa Jadi Uang, Bisa Ditransfer ke E-wallet!

1. Tetapkan anggaran e-wallet dengan membatasi top up saldo

Tips Antiboncos Pakai E-Wallet, biar Gak Kaget Lihat Transaksinya!(IDN Times/Arief Rahmat)

Dilansir dari situs resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Selasa (22/11/2022), tips pertama adalah kamu perlu menetapkan anggaran atau budget belanja dari e-wallet dengan membatasi top up saldo.

Misalnya, kamu menetapkan anggaran Rp1 juta per bulan untuk mengisi saldo e-wallet. Kamu bisa mengisinya sekaligus, atau bertahap sesuai kebutuhan. Setelah itu, kamu harus menjaga agar transaksi dari e-wallet tak melebihi anggaran yang sudah ditetapkan sebelumnya. Jika sudah mendekati Rp1 juta dalam 1 bulan, maka kamu harus membatasi transaksi dengan e-wallet.

Baca Juga: Pengguna Dompet Digital Melonjak, Mana E-Wallet Terpopuler?

2. Manfaatkan promosi diskon dan cashback dari e-wallet

Tips Antiboncos Pakai E-Wallet, biar Gak Kaget Lihat Transaksinya!Ilustrasi Promo (IDN Times/Aditya Pratama)

Hampir setiap saat platform e-wallet memberikan promosi berupa diskon atau cashback saat transaksi. Nah, promosi ini bisa dimanfaatkan agar memangkas pengeluaranmu.

Sebagai contoh, kamu bisa mendapat diskon Rp10 ribu saat menggunakan jasa ojek online (ojol) dengan metode pembayaran menggunakan sebuah e-wallet. Nah, kamu bisa memanfaatkan diskon tersebut agar pengeluaranmu bisa berkurang.

Akan tetapi, tak berarti semua promosi dari e-wallet harus dimanfaatkan ya! Kamu harus tetap memastikan apakah produk tersebut sesuai dengan kebutuhanmu.

Baca Juga: 5 Perbedaan E-wallet dan E-money, Kamu Harus Tahu!

3. Berinvestasi kecil-kecilan dari e-wallet

Tips Antiboncos Pakai E-Wallet, biar Gak Kaget Lihat Transaksinya!ilustrasi investasi (IDN Times/Aditya Pratama)

Nah, agar kamu terus cuan, kamu juga bisa memanfaatkan fitur investasi di platform e-wallet. Saat ini, banyak e-wallet yang melayani pembayaran untuk berinvestasi emas, reksa dana, obligasi, dan sebagainya.

Ketimbang setiap hari mengeluarkan anggaran Rp50 ribu untuk membeli minuman boba atau kopi, kamu bisa menyisihkan uang itu untuk berinvestasi, lho!

Baca Artikel Selengkapnya

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.