Note

Apa itu Ekspor? Ini Tujuan, Jenis, dan Contoh Komoditasnya

· Views 23

Bisnis.com, JAKARTA - Pada peraturan pemerintah Nomor 10 tahun 2021, ekspor adalah kegiatan mengeluarkan barang dari daerah pabean. Daerah pabean merupakan suatu daerah milik Republik Indonesia yang terdiri dari wilayah darat, perairan dan udara yang juga mencangkup daerah tertentu yang berada dalam Zona Eksklusif Ekonomi (ZEE). 

Ekspor merupakan kegiatan badan hukum atau perorangan yang melakukan ekspor. Kegiatan ekspor yang dilakukan dalam skala besar tentunya akan melibatkan Bea Cukai sebagai pengawas lalu lintas suatu negara. Aktivitas ekspor biasanya terjadi Ketika suatu negara sudah mampu memproduksi barang atau jasa dengan jumlah yang besar. 

Sebab, produk dalam negeri akan memiliki harga yang lebih murah Ketika mampu diproduksi dengan mudah dan melimpah. Agar negara mampu mengendalikan harga di pasar, maka ia melakukan kegiatan ekspor ke negara yang lebih membutuhkan produk tersebut. 

Adanya kegiatan ekspor bermanfaat untuk membuka peluang pasar baru di luar negeri. Peluang tersebut akan menumbuhkan perluasan pasar domestik, investasi atau devisa pada suatu negara. 

Kelapa sawit dan turunannya termasuk dalam golongan barang lemak dan minyak hewani atau nabati. BPS mencatat capaian ekspor golongan barang ini paling tinggi dalam kategori ekspor non migas. 

Itulah beberapa hal yang mungkin belum kamu ketahui tentang ekspor. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.