Note

RI Dapat Utang Triliunan Rupiah dari ADB dan Bank Pembangunan Jerman, Dipakai untuk Apa?

· Views 21
RI dapat utang triliunan rupiah dari ADB dan Bank Pembangunan Jerman, dipakai untuk apa?

JAKARTA, iNews.id - Bank Pembangunan Asia (Asian Development Bank/ADB) menyetujui pinjaman berbasis kebijakan senilai 500 juta dolar AS atau setara Rp7,8 triliun. Pinjaman itu untuk mendukung reformasi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Indonesia.
 
Pinjaman ini mencakup subprogram pertama di bawah Program Reformasi BUMN. Program ini akan membantu Indonesia meningkatkan efisiensi dan resiliensi BUMN, serta memperkuat kerangka tata kelola perusahaan.
 
Spesialis Manajemen Publik Senior ADB untuk Asia Tenggara Yurenda Basnett mengatakan, BUMN dapat berperan sangat penting dalam mendorong pemulihan dari pandemi Covid-19 yang inklusif dan berkelanjutan di Indonesia. Namun, supaya dapat memberikan nilai yang lebih besar bagi masyarakat, kelemahan struktural BUMN harus diatasi. 

"ADB senang dapat ikut serta dalam mendukung upaya pemerintah mereformasi BUMN," kata Yurenda dalam keterangannya, dikutip Antara, Jumat (18/11/2022).
 
Program ini selaras dengan Peta Jalan BUMN 2020–2024 yang menyeluruh dan ambisius, yang memperkenalkan serangkaian reformasi untuk mentransformasikan BUMN. Selain itu, juga memastikan kontribusinya terhadap cita-cita Indonesia menjadi negara berpenghasilan tinggi pada 2045.
 
Program ini bakal mendukung pengurangan jumlah BUMN, sekaligus mensyaratkan BUMN fokus pada operasi intinya, sehingga BUMN menjadi layak secara keuangan dan dapat menyediakan layanan publik esensial secara efisien.

"Program ini juga mendukung langkah-langkah peningkatan kualitas dewan direksi BUMN, memperkuat pemantauan dan keterbukaan keuangan, serta membantu BUMN bertransisi ke model usaha yang kompatibel dengan iklim," ujarnya.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.