Note

EURUSD Dekati Rintangan 200-DMA saat Ada Kegelisahan yang Terinspirasi Polandia

· Views 29
  • EURUSD mengambil tawaran beli untuk membalikkan pullback baru-baru ini dari level tertinggi empat bulan.
  • Kekhawatiran yang beragam atas keterlibatan Rusia dalam serangan rudal di Polandia menghibur pasar akhir-akhir ini.
  • Kekhawatiran terhadap divergensi kebijakan moneter antara Federal Reserve AS dan Bank Sentral Eropa tampaknya mendukung para pembeli EURUSD.
  • Penjualan Ritel AS yang lebih lemah dan sejumlah komentar hawkish dari Lagarde ECB tampaknya diperlukan untuk kenaikan lebih lanjut.

EURUSD mendapatkan kembali momentum kenaikan setelah awal yang suram untuk hari Rabu yang penting ini, mengambil tawaran beli untuk menyentuh kembali tertinggi dalam perdagangan harian di dekat 1,0390 pada saat berita ini ditulis. Dengan demikian, pasangan mata uang utama ini membalikkan pullback akhir Selasa dari level tertinggi empat bulan.

Keraguan atas Rudal Buatan Rusia Menantang Pembeli EURUSD

Rudal buatan Rusia menewaskan dua orang di negara Eropa yang berbatasan dengan Ukraina dan memperkuat kekhawatiran terhadap geopolitik karena statusnya sebagai anggota Organisasi Perjanjian Atlantik Utara (NATO). Bahkan jika militer Moskow menyangkal adanya upaya semacam itu, para Duta Besar NATO dan anggota Kelompok Tujuh Negara (G7) akan mengadakan pertemuan darurat dan meningkatkan kekhawatiran. Baru-baru ini, Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menyebutkan bahwa berdasarkan lintasan, kecil kemungkinan rudal ditembakkan dari Rusia.

Data AS yang Lebih Lemah Menyoroti Divergensi ECB versus The Fed

Pada hari Selasa, Indeks Sentimen Ekonomi ZEW Jerman meningkat ke -36,7 pada bulan November versus -59,2 sebelumnya dan ekspektasi pasar -50. Selanjutnya, Indeks Situasi Saat Ini ZEW negara itu juga naik ke -64,5 dari pembacaan sebelumnya -72,2 dan prakiraan para analis sebesar -68,4. Selain itu, estimasi kedua Produk Domestik Bruto (PDB) Kawasan Euro untuk kuartal ketiga (Q3) sesuai dengan perkiraan awal sebesar 2,1% YoY dan 0,2% QoQ. Di sisi lain, Indeks Harga Produsen (IHP) AS untuk bulan Oktober turun ke 8,0% YoY versus perkiraan pasar sebesar 8,3% dan revisi turun sebelumnya sebesar 8,4%. Perlu dicatat bahwa angka bulanan mencetak ulang 0,2% sebelumnya (direvisi dari 0,4%) sementara turun di bawah ekspektasi 0,5%. Selain itu, Indeks Manufaktur Empire State Federal Reserve Bank of New York melonjak ke 4,5 di bulan November dari -9,1 di bulan Oktober dan ekspektasi pasar -5.

Mengingat data yang lebih lemah dari Amerika Serikat, kekhawatiran yang baru-baru ini beragam atas poros The Fed bergabung dengan surutnya taruhan hawkish pada langkah bank sentral AS berikutnya untuk membebani harga EURUSD.

Penjualan Ritel AS dan Lagarde ECB akan Menjadi Penting

Setelah menyaksikan data Konsumen-sentris AS yang suram baru-baru ini, para pedagang pasangan EURUSD akan menunggu perincian Penjualan Ritel AS untuk bulan Oktober, diperkirakan 1,0% versus 0,0% sebelumnya dan akan diposting Selasa pukul 13.30 GMT/20:30 WIB. Jika angka tersebut mengejutkan pasar dengan data yang lebih kuat, pasangan EURUSD dapat mencetak pullback lain dari rata-rata pergerakan utama.

Sebagai alternatif, Presiden ECB Christine Lagarde mungkin menyambut ekonomi positif terbaru untuk mempertahankan rencana hawkish bank sentral wilayah tersebut. Namun, kekhawatiran terhadap resesi membayangi blok itu. Akibatnya, setiap penyebutan hal tersebut juga dapat membebani harga EURUSD.

Baca juga: Pratinjau Penjualan Ritel Oktober AS: Dolar AS Sepertinya Tidak akan Menerima Penangguhan Hukuman

Analisis Teknis EURUSD

Harga EURUSD menembus area resistance horizontal enam bulan di sekitar 1,0350 saat para pembeli mendekati 200 Daily Moving Average (DMA), mendekati 1,0425 pada saat berita ini ditulis.

Dengan demikian, para pembeli pasangan mata uang ini tetap berhati-hati di tengah kondisi Relative Strength Index (RSI) yang overbought, yang terletak di 14, serta kelesuan baru-baru ini dalam sinyal bullish dari indikator Moving Average Convergence and Divergence (MACD).

Oleh karena itu, kenaikan pasangan EURUSD melewati 1,0425 tampak sulit.

Tidak hanya 200-DMA tetapi level tertinggi baru-baru ini di 1,0481 dan puncak yang dicatat selama akhir Juni dan Mei, masing-masing di sekitar 1,0615 dan 1,0785, juga menantang para pembeli EURUSD.

Sebaliknya, garis horizontal yang terdiri dari beberapa level yang dicatat sejak Juli, di sekitar 1,0280, membatasi penurunan segera pasangan EURUSD.

Setelah itu, puncak bulan September dan garis support berusia satu minggu, di sekitar 1,0200 dan 1,0100 sesuai urutan itu, akan sangat penting untuk diperhatikan oleh para penjual.

Perlu dicatat bahwa level 100-DMA di sekitar 1,0025 muncul sebagai pertahanan terakhir para pembeli EURUSD, penembusan level ini tanpa ragu akan mengingat kembali level terendah tahunan pada grafik.

EURUSD: Grafik Harian

EURUSD Dekati Rintangan 200-DMA saat Ada Kegelisahan yang Terinspirasi Polandia

Tren: Diperkirakan akan terjadi kenaikan terbatas

Level-Level Teknis EUR/USD

Tinjauan
Harga terakhir hari ini 1.0377
Perubahan harian hari ini 0.0023
Perubahan harian hari ini % 0.22
Pembukaan harian hari ini 1.0354
 
Tren
SMA 20 Harian 0.9995
SMA 50 Harian 0.991
SMA 100 Harian 1.0028
SMA 200 Harian 1.0429
 
Level
Tinggi Harian Sebelumnya 1.0482
Rendah Harian Sebelumnya 1.028
Tinggi Mingguan Sebelumnya 1.0364
Rendah Mingguan Sebelumnya 0.9903
Tinggi Bulanan Sebelumnya 1.0094
Rendah Bulanan Sebelumnya 0.9632
Fibonacci Harian 38,2% 1.0405
Fibonacci Harian 61,8% 1.0357
Pivot Point Harian S1 1.0262
Pivot Point Harian S2 1.017
Pivot Point Harian S3 1.006
Pivot Point Harian R1 1.0463
Pivot Point Harian R2 1.0573
Pivot Point Harian R3 1.0665

 

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.