Note

Apa Nama Mata Uang Resmi Negara Timor Leste?

· Views 19


KOMPAS.com – Mata uang Timor Leste yaitu dollar Amerika Serikat (AS). Dengan begitu, nama mata uang Timor Leste adalah dollar AS.

Dollar AS menjadi mata uang resmi Timor Leste yang berlaku saat ini, sebagaimana dikutip dari laman resmi bank sentral Timor Leste (Banco Central de Timor-Leste) pada Rabu (16/11/2022).

Laman tersebut menegaskan bahwa dollar AS merupakan alat pembayaran yang sah untuk semua pembayaran yang dilakukan secara tunai.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Uang Fiat: Definisi, Kelebihan, dan Kekurangannya

Dengan kata lain, Timor Leste menjadi salah satu negara yang menggunakan mata uang dollar AS sebagai mata uang resmi di negaranya.

Sejalan dengan itu, sejak 10 November 2003 Banco Central de Timor-Leste mengeluarkan koin yang dikenal sebagai "centavos" yang dicetak khusus untuk digunakan di negara tersebut.

Ada koin yang dicetak dengan tahun penerbitan 2003, 2004, 2005, 2006, 2011, 2012, 2013 dan 2017. Koin ini berlaku bersamaan dengan penggunaan uang kertas dollar AS.

Baca juga: Mengenal Nama Mata Uang Thailand dan Sejarahnya

Koin tersebut terdiri dari denominasi 1 centavo, 5 centavos, 10 centavos, 25 centavos, 50 centavos, 100 centavos, dan 200 centavos.

Lantas 1 centavos berapa rupiah? Centavos nilainya setara dengan sen Amerika Serikat. Artinya, 100 centavos Timor Leste setara dengan 100 sen Amerika Serikat.

Sejarah mata uang resmi Timor Leste

Sebelum memisahkan diri dari Indonesia, wilayah Timor Leste yang dulunya adalah Provinsi Timor Timur tentu saja menggunakan mata uang rupiah.

Baca juga: Mengenal Rupee India, Ini Sejarah Mata Uang India

Negara ini memilih menggunakan dollar AS sebagai mata uang resmi setelah berpisah dari Republik Indonesia. Artinya, rupiah tidak dijadikan nama mata uang Timor Leste.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.