Note

PBB Serukan Rusia Bayar Ganti Rugi ke Ukraina akibat Perang

· Views 29
Majelis Umum PBB menyetujui resolusi untuk meminta Rusia membayar ganti rugi atas perang di Ukraina (Foto: Reuters)

NEW YORK, iNews.id - Majelis Umum PBB, Senin (14/11/2022), menyetujui resolusi yang meminta Rusia untuk bertanggung jawab atas invasi ke Ukraina. Rusia harus memberikan ganti rugi atas serangan sejak 24 Februari 2022.

Resolusi tersebut didukung oleh 94 dari total 193 anggota Majelis Umum dengan 14 menolak dan 73 abstein.

"(Rusia) Harus menanggung konsekuensi hukum dari semua tindakan yang salah secara internasional, termasuk memberikan ganti rugi untuk koran luka, termasuk segala kerusakan, yang disebabkan oleh tindakan tersebut," bunyi resolusi, dikutip dari Reuters.

Resolusi tersebut juga merekomendasikan, negara-negara anggota untuk bekerja sama dengan Ukraina membuat daftar ganti rugi yang akan diberikan kepada Rusia.

Namun Resolusi Majelis Umum PBB tidak mengikat, meski mengandung bobot politik.

Sementara itu Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyebut resolusi itu sebagai kemajuan yang penting.

"Pemulihan yang harus dibayar Rusia untuk apa yang telah dilakukannya saat ini menjadi bagian dari realitas hukum internasional," kata Zelensky, dalam pesan video pada Senin malam.

Sebelum pemungutan suara digelar, Duta Besar Rusia untuk PBB Vassily Nebenzia mengatakan resolusi yang dihasilkan batal demi hukum. Dia juga mendesak negara-negara anggota untuk menentangnya.

"Barat sedang mencoba untuk mengulur dan memperparah konflik serta berencana menggunakan uang Rusia untuk itu," kata Nebenzia.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.