Note

Jokowi Ajak PM Australia Kerja Sama Baterai Kendaraan Listrik

· Views 26

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menjelaskan strategi Indonesia agar ekonomi domestik terus tumbuh. Hal itu disampaikan Jokowi dalam penutupan Presidensi B20 di Bali.

Jokowi mengatakan pentingnya melakukan hilirisasi dan industrialisasi di dalam negeri guna mendukung perekonomian tetap tumbuh. Menurut dia, saat ini Indonesia sudah melakukan hal tersebut pada komoditi nikel dengan membangun industri baterai untuk mobil listrik.

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengajak Perdana Menteri Australia Anthony Albanese untuk bekerja sama dalam industri baterai.

"Di Australia ada lithium, kita punya nikel, kalau digabung itu sudah menjadi baterai mobil listrik, tapi saya minta kepada Perdana Menteri Albanese untuk lithiumnya bisa dibawa ke Indonesia saja," ujar Jokowi, Senin (14/11/2022).

Baca Juga: Mobil Listrik Laris, Krakatau Global Trading Incar Suplai Nikel

1. Jokowi beberkan potensi energi baru terbarukan di Indonesia

Jokowi Ajak PM Australia Kerja Sama Baterai Kendaraan ListrikPresiden Jokowi saat memimpin rapat terbatas (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga menyampaikan potensi energi baru terbarukan di Indonesia. Oleh karenanya, dia mengajak semua pihak berinvestasi di Indonesia terkait energi baru terbarukan.

"Ada potensi 434 ribu megawatt, baik dari hydropower, baik dari geothermal, baik dari solar panel, baik dari angin, semuanya ada. Ini lah kesempatan para investor untuk menjalin kerja sama dengan Indonesia membawa investasi, membawa teknologi karena ini memerlukan ruang yang tidak sedikit untuk bersama-sama membangun ekonomi hijau di Indonesia," kata dia.

Baca Juga: Bahlil: Inggris Investasi Baterai Mobil Listrik 7 Miliar Dolar AS

2. Jokowi siapkan lahan di Kalimantan Utara

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • 4 Cara Jual Emas Antam yang Pasti Untung, Cari Tahu di Sini!
  • 10 Pekerjaan Paling Bikin Stres, Ada Profesi Kamu?
  • Lagi Bangun Bisnis Fesyen? Simak Tips Ini biar Dagang Makin Lancar!
Jokowi Ajak PM Australia Kerja Sama Baterai Kendaraan ListrikPresiden Jokowi di Presidensi B20 Bali (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, pemerintah telah menyiapkan 30 ribu hektare lahan di Kalimantan Utara untuk ekonomi hijau. Kawasan itu nantinya dinamakan green industrial park.

"Saya yakin akan berbondong-bondong investor datang untuk membangun produk-produk hijau dari Indonesia. Karena di dekat kawasan itu ada Sungai Kayan yang bisa memproduksi energi bersih, energi hijau sebesar 13 ribu megawatt, yaitu hydropower," ucap dia.

3. Jokowi pamer pertumbuhan ekonomi Indonesia

Jokowi Ajak PM Australia Kerja Sama Baterai Kendaraan ListrikPresiden Jokowi di Presidensi B20 Bali (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Jokowi juga menceritakan pernah berbicara di B20 pada Januari 2022. Kala itu, kondisinya masih pandemik COVID-19. Menurutnya, pandemik membuat kondisi lesu, terutama di bidang ekonomi.

"Saya menyampaikan di setiap kesulitan, bahwa di setiap tantangan, pasti ada peluang, jangan pesimis, titipan saat itu saya ingat, jangan pesimis," ujar dia.

Jokowi mengatakan, 10 bulan berselang sejak Januari 2022, pandemik COVID-19 masih ada. Saat ini, kondisi semakin sulit, karena ada perang antara Rusia dan Ukraina yang menyebabkkan krisis pangan dan energi.

"Tapi, kita patut bersyukur, Indonesia di kuartal kedua masih tumbuh 5,44 persen, dan di kuartal ketiga, kita tumbuh leih kuat lagi di 5,72 persen," ucap dia.

Jokowi juga menyampaikan inflasi Indonesia pada September 2022 sebesar 5,9 persen. Hal itu terjadi karena pemerintah baru saja menaikkan harga BBM bersubsidi.

"Tetapi di bulan Oktober, inflasi kita sudah bisa turun lagi di angka 5,7 persen," kata dia.

Baca Juga: Di B20, Jokowi Pamer Ekonomi Indonesia Tumbuh di Atas 5 Persen

Baca Artikel Selengkapnya

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.