Jakarta (ANTARA) - PT Pos Indonesia (Persero) menyatakan realisasi penyaluran Bantuan Subsidi Upah (BSU) kepada pekerja sejak 2 November 2022 serentak di seluruh Kantorpos Indonesia hingga kini telah mencapai hampir 50 persen.

Direktur Bisnis Jasa Keuangan PT Pos Indonesia (Persero) Haris di Jakarta, Senin menyatakan data per Jumat pukul 15.29 WITA telah tersalurkan 1.590.380 dari total alokasi 3,6 juta penerima atau 44,23 persen dari target.

PT Pos Indonesia mendapatkan alokasi penerima BSU dari Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) sebanyak 3,6 juta pekerja dan Kemenaker menargetkan penyaluran BSU selesai pada akhir November 2022.

Namun, PT Pos Indonesia melalui Kantorpos seluruh Indonesia siap menyelesaikan penyaluran BSU pada 22 November 2022.

"Kami optimistis pencairan 100 persen bisa dicapai. Kami memastikan di lapangan apakah strategi dan evaluasi harian terus dilaksanakan," katanya melalui keterangan tertulis.

Penyaluran BSU menurut Haris, sedikit berbeda dengan penyaluran BLT BBM, dimana untuk BSU pekerja harus aktif mengecek apakah terdaftar sebagai penerima atau tidak.

Adapun metode penyaluran BSU dilakukan dengan tiga cara, yaitu penerima datang ke Kantorpos, dibayarkan melalui komunitas (perusahaan atau instansi) tempat pekerja berkumpul, dan petugas Kantorpos yang mendatangi bila ada pekerja yang sakit.

Selain itu, penerima BSU harus aktif mengecek melalui website Kemenaker untuk memastikan dirinya terdaftar sebagai penerima BSU. Penerima juga bisa mengecek melalui aplikasi PT Pos Indonesia, yaitu Pospay sehingga tidak perlu repot datang ke Kantorpos hanya untuk mengecek.

Kepada pekerja yang belum mengambil BSU di Kantorpos, Haris mengimbau agar segera mencairkan dana yang menjadi haknya.

Sementara itu Executive General Manager KCU Manado 95000, Alexander Nitalessy menyatakan telah menyiapkan tenaga petugas yang memadai untuk melayani penerima BSU.

Mengenai alokasi penerima, Alexander menyebutkan KCU Manado terdapat 69.541 penerima, KCU Gorontalo 18.123 penerima, dan KCU Kotamobagu 9.893 penerima.

“Kami telah menyalurkan BSU 34 persen," ujarnya.

Kantorpos Manado, tambahnya, menambah jam layanan dengan buka 24 jam penuh dari Senin hingga Minggu untuk melayani penyaluran BSU. Selain itu penyaluran BSU juga dilakukan melalui komunitas.

Baca juga: Erick Thohir apresiasi kolaborasi PT Pos bersama Microsoft Indonesia

Baca juga: PT Pos Kepri bentuk satgas pembaruan data perusahaan penerima BSU

Pewarta: Subagyo
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022